IOCT dan KKP melakukan Reviu Pendataan Ikan Tuna

ioct dan kkp melakukan peninjauan di sleko cilacap
ioct dan kkp melakukan peninjauan di sleko cilacap

Cilacap.info — Indian Ocean Tuna Commission (IOTC) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan Reviu Pendataan Ikan Tuna di Cilacap.

Pertemuan Tim IOTC bersama dengan KKP tersebut dilaksanakan di ruang rapat Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPS Cilacap), Rabu (7/8/2019).

Selain dilaksanakan di ruang rapat dengan metode paparan serta tanya jawab, kegiatan juga dilaksanakan dengan peninjauan langsung ke Pos Pelayanan terpadu terkait dengan pengisian Log Book penangkapan ikan. Kemudian melakukan peninjauan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan dermaga bongkar kolam.

Hal itu guna melihat langsung aktifitas bongkar ikan tuna dari kapal berukuran lebih 10GT. Serta melakukan peninjauan ke kios pemasaran ikan, yakni untuk melihat hasil perikanan.

Kegiatan Technical Assistance Mission to Indonesia to Support the Monitoring of Artisanal Fisheries in the Indian Ocean ini dalam rangka mereviu pendataan tuna dari perikanan tuna skala kecil. Selain itu artisanal di Indonesia khususnya di Cilacap.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Pengelola SDI ZEE dan Laut Lepas,Dit.PSDI,DJPT, Trian Yunanda, S.Pi, M.Sc didampingi Plh.Kepala PPS Cilacap, Yatim Kurniadi, S.Pi, M.Si.

Tim dari IOTC antara lain: James Edward Geehan (Statistician and GIS Specialist IOTC), David Andrew Feary (Consultant MRAG), Sachiko Tsuji (Consultant OFCF). Juga hadir pada kegiatan tersebut Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup KKP.

Plt. Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Mundakir, A.Pi, M.M mengatakan. Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap merupakan salah satu pelabuhan perikanan yang berada di selatan jawa serta berhadapan  langsung dengan samudera hindia.

"Maka selain dikenal juga memiliki potensi sumber daya ikan yang cukup melimpah, terutama jenis ikan Tuna, Tongkol dan Cakalang. Sehingga PPS Cilacap dijadikan salah satu lokasi dalam mereviu pendataan tuna dari perikanan tuna skala kecil dan artisanal di Indonesia melalui kegiatan Technical Assistance Mission." katanya Kamis (8/8) melalui Press Realease.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 210 Pos