Cilacap Business Forum Sukses Gaet Investor

cilacap business forum di serpong tangerang
cilacap business forum di serpong tangerang

Tangerang, Cilacap.info – Cilacap Business Forum (CBF) sukses gaet investor. Pemkab Cilacap melalui Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia. Juga bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cilacap.

Acara forum tersebut bertema “Let’s Invest to Cilacap” Tourism, Fishery, Agriculture and Plantation. Acara digelar di ICE BSD Tangerang, Banten pada hari Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan dihadiri oleh jajaran Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Pemkab Cilacap, Pemprov Jawa Tengah. Serta Kadin, BUMN, BUMD, swasta, perbankan dan pelaku bisnis.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Ganef Judawati menyambut baik inisiasi dari Pemkab Cilacap. Menurutnya forum investasi tersebut dapat mendukung percepatan perekonomian di Indonesia. “Investasi menjadi salah satu upaya dalam mendorong peningkatan dalam ekspor non migas.” kata Ganef.

Ganef juga menyampaikan bahwa pada 2020 nanti Indonesia akan mengikuti expo di Dubai dan Kementerian Perdagangan akan mengundang Pemkab Cilacap.

“Kegiatan expo di Dubai nanti, kami akan memanggil Pemkab Cilacap. Yaitu untuk mempromosikan potensi investasi yang ada di Kabupaten Cilacap. Juga melalui Expo ini kami berharap agar dapat berpotensi dalam ekspor bagi produk-produk UKM.” lanjut Ganef.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengatakan bahwa. Kabupaten Cilacap memiliki fasilitas yang cukup lengkap dalam menunjang investasi. Dengan pelabuhan alam yang bertaraf internasional mampu mengakses perdagangan negara-negara di benua Australia dan negara-negara lain.

“Kabupaten Cilacap sebagai pusat perkembangan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan dengan potensi dan peluang investasi yang sangat beragam.” kata Bupati.

Selain itu, Hal ini juga didukung pula dengan adanya infrastruktur yang memadai serta faktor keamanan yang stabil serta kondusif.

Cilacap Business Forum Bertujuan Memfasilitasi Promosi dan Peluang Investasi

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa CBF bertujuan untuk memfasilitasi promosi potensi dan peluang investasi di Kabupaten Cilacap. Sehingga dapat berdampak positif untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Selain itu, melalui ajang ini juga diharapkan dapat menciptakan wahana komunikasi dan interaksi bisnis langsung antara pemerintah daerah dan para pengusaha atau investor.

“CBF mempertemukan para investor dengan pemilik proyek investasi guna memberi peluang kerjasama investasi yang saling menguntungkan. Juga memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi daerah.” Terang Bupati.

Dengan CBF kebijakan Pemkab Cilacap dibidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu dapat disosialisasikan.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Bupati Cilacap dan 6 investor lokal. Serta buyer dari luar negeri yang menyatakan minatnya untuk membeli produk Cilacap.

Para investor tersebut diantaranya adalah PT Cilacap Indoferro Perkasa (industri logam baja), PT Berkah Gunung Slamet (pariwisata), PT Kilat Megah Jaya (perhotelan). Selain itu juga dari CV Babakan Sarana Jaya (tambak udang), Sentul Waterpark and Hall (perhotelan). Serta Buyer dari Tunisia berminat dengan produk tuna dan udang, dari Yaman berminat dengan beras dan dari Saudi Arabia tertarik untuk membeli gula kelapa. (*)


Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 325 Pos