oleh

MIDAGAMA Gelar UKT Pencak Silat Pagar Nusa

Cilacap.info – Madrosah Ibtidaiyah Darwata Glempang Maos (MIDAGAMA) menggelar pembukaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pencak silat Pagar Nusa. Sabtu (14/3).

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Madrasah MIDAGAMA, Nisfatul Azizah yang juga sekretaris Perwakilan Anak Cabang (Pac) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Maos.

Dijelaskan Kepala Madrasah MIDAGAMA, Nisfatul Azizah, bahwa kegiatan UKT Pencak Silat Pagar Nusa tersebut merupakan kegiatan perdana di sekolah tersebut.

“UKT ini merupakan UKT angkatan pertama pencak silat di midagama.” Ucapnya.

Baca Juga :   Patroli Keliling Upaya Serius Koramil Jajaran Kodim 0703 Cilacap Tangkal Corona

Ia yang juga sebagai Sekretaris Fatayat NU di Kecamatan Maos berharap dengan kegiatan tersebut. Yakni agar para murid bisa masuk barisan santrinya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari.

“Semoga lancar dan sukses, semangat anak-anak ku, masuklah dalam barisan santri hadratus syekh Hasyim Asy’ari. Semangat, menjadi yang terdepan dalam barisan santri penjaga NKRI.” Kata Nisfatul Azizah dalam kegiatan tersebut.

Diterangkan, bahwa UKT pagarnusa midagama adalah salah satu kegiatan ujian kepada anggota pagarnusa setelah mendapat kan beberapa kali latihan.

Baca Juga :   Kapolsek Maos Cilacap Rutin Sambangi Tokoh Agama

“Pagarnusa adalah pencaksilat dibawah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia yaitu NU. Midagama sebagai salah satu lembaga dibawah naungan LP Ma’arif Cilacap merupakan pilot projects penyelenggaraan ekstrakurikuler pagarnusa di tingkatan Madrasah ibtidaiyah.” Ucapnya.

Ia berharap agar pagarnusa ini dapat menjadi seni beladiri yang bermanfaat untuk anak-anak. Sehingga mereka bisa melindungi diri.

Baca Juga :   Peduli Warga Terdampak covid-19, Banom NU Ranting Glempang Maos Berikan Bantuan

“Disamping itu, dengan mengikuti pagarnusa ini, yakni akan memupuk semangat-semangat nasionalisme siswa/i midagama dan mereka menjadi bagian dari santri yang berada di garis depan dalam mempertahankan NKRI.” Imbuhnya.

Acara ini dimulai pada pukul 14.00-21.30 dengan dihadiri oleh kepala madrasah, yayasan LP Ma’arif kecamatan Maos, PC pagarnusa Cilacap, dan pendekar-pendekar pagarnusa diwilayah kabupaten Cilacap, Pembina Shalih Ali ma’ruf dan Akbar idris, dengan diikuti sebanyak 38 siswa (Peserta).