oleh

Mengenang Aktor Pak Tile, Kisahnya Menginspirasi dan Buat Haru

Cilacap.info – Siapa yang tidak mengenal Aktor atau pemeran sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Almarhum pak tile (H. Enun Tile) yang berperan sebagai kakeknya si doel.

Itu loh Film yang terkenal dengan oplet (Kendaraan angkutan) yang rilis era tahun 1994 yang disutradarai oleh Rano karno. Yang juga diperankan oleh Mandra.

Sedangkan Almarhum pak tile, Dalam perannya, ia berperan dengan nama perannya yakni engkong ali atau Muhammad Toyib dalam serial Si Doel Anak Sekolahan.

Baca Juga :   Go Indonesia pada September 2020, Penggemar Kagak Sabar Billie Eilish Konser di Jakarta

Tersohornya nama beliau tidak hanya di film si doel yang diangkat dari novel si doel anak betawi saja.

Namun, ia juga kerap bermain sinetron pada film-film yang kala itu ngehits, seperti serial horor “si manis jembatan ancol”.

Dari terkenalnya Almarhum Pak Tile ini, bahkan namanya tersebut kerap digunakan oleh orang untuk menjuluki temannya dengan sebutan pak Tile.

Pastinya penasaran kan siapa pak tile ini?

Pak Tile merupakan aktor pemeran dan komedian yang lahir pada 20 Februari 1933 di Jakarta. Ia meninggal dunia pada 2 November 1998.

Baca Juga :   Viral! Ternyata Anggun C Sasmi Asal Binangun Cilacap

Ia merupakan komedian atau pelawak, dan merupakan pemain lenong betawi.

Meski terkenal dan bisa berakting saat menjadi artis, Pak Tile ternyata tidak bisa baca tulis (buta huruf). Kendati demikian, Pak tile ini mampu memerankan perannya dengan baik.

Kisah perjalan Pak Tile yang terkenal sebagai aktor atau pemeran ini rupanya tak seperti yang dibayangkan banyak orang. Yakni berlimang harta atau kemewahan karena jadi artis.

Baca Juga :   Kontes dan Expo Ternak Bupati Cilacap Cup 2019

Ia kala sudah tak bermain sinetron ia pernah menjadi tukang parkir.

Tak hanya itu, tak seperti artis jaman sekarang yang rumahnya mewah, Pak Tile justru diakhir hidupnya sempat tinggal di dekat aliran sungai dengan rumah bertipe bilik bambu (gubuk).

Pak tile ini yang merupakan seorang yang tak bisa baca tulis semasa hidupnya, namun kecintaan akan budaya di tanah air patut untuk dicontoh. Pasalnya ia juga memperkenalkan budaya yaitu budaya betawi.