Mengenal Kerupuk Tenggiri dan Nopia, Jajanan Khas Cilacap

by

CILACAP.INFO – Cilacap sebagaimana yang diketahui oleh banyak orang, bahwa Kabupaten satu ini terletak di ujung selatan indonesia. Sehingga tak heran jika Cilacap dekat dengan Laut yang mana perairan itu langsung ke Samudera Hindia.

Para penduduknya selain bertani atau bercocok tanam, berkebun juga sebagian merupakan Nelayan. Adapun wilayah yang terdapat pantai adalah Nusawungu, Binangun, Adipala, Kampung Laut, Cilacap Selatan.

Dengan adanya perairan dan juga sebagai mata pencaharian Nelayan, tak ayal jika sejumlah ikan air asin terdapat di Cilacap. Selain itu budidaya ikan juga terdapat di wilayah ini, seperti budidaya Lobster, Sidat Bahkan hingga diekspor ke luar negeri.

Hal ini juga yang menjadikan kuliner seperti Seafood terdapat di Cilacap dan juga makanan berbahan ikan lainnya yang didapat dari Laut.

Salah satu makanan khas Cilacap yang gurih dan renyah adalah Kerupuk tenggiri yang biasanya dijual di toko dalam bentuk sudah dikemas dan dibungkus dengan plastik. Biasanya kerupuk tenggiri ini dibuat bulat.

Dinamakan kerupuk tenggiri, karena dalam membuatnya memang menggunakan ikan Tenggiri yang dihaluskan dengan ditamBahkan tepung dan lainnya.

Proses dalam membuatnya juga tidaklah sebentar, setelah dihaluskan dan dicampurkan adonan, maka kerupuk dibuat bulat dan kemudian dikeringkan, yang kemudian bisa digoreng.

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa Cilacap adalah sebagiannya perairan atau diliputi laut, berarti sebagian lagi adalah perbukitan.

Cilacap selain penghasil ikan juga penghasil Gula Merah dengan bermacam jenis gula, mulai dari pohon Kelapa, Aren dan juga Nipah.

Mengingat gula merah, ada salah satu jajanan yang luarnya bisa dikatakan tidak begitu keras dan empuk serta manis. Makanan ini bernama Nopia.

Berbentuk Bulat, kue Nopia juga bisa dijumpai disejumlah toko dengan kemasan plastik. Warna kue ini luarnya putih dan juga ada yang warna-warni, namun di dalamnya adalah gula merah.