Wisata Situ Lengkong Panjalu Ciamis dan Makam Keramat

situ lengkong panjalu ciamis
situ lengkong panjalu ciamis

CIAMIS, Cilacap.info – Situ Lengkong Panjalu Ciamis wana wisata waduk yang kerap dikunjungi banyak orang. Selain untuk tujuan wisata, situ atau waduk dan danau tersebut juga kerap didatangi para peziarah dari luar kota.

Situ yang terletak di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Jawa Barat itu adalah Cagar Alam yang sudah ditetapkan menjadi Desa Wisata sejak 17 Maret tahun 2004.

Selain sebagain tempat laku lampuh perjalanan spiritual dan obyek wisata, disana juga sebagai tempat kebudayaan.

Di situ lengkong atau Nusa Dua tersebut terdapat makam keramat yang kerap diziarahi oleh banyak orang.

Namun ternyata makam tersebut adalah makam orang sholih, makam ulama penyebar agama islam di daerah jawa barat.

Hal itu diketahui oleh Almaghfurlah Kiai Haji Abdurrahman Wahid (Gus dur) yang disampaikan Haji Sulaiman seperti dilansir dari NU Online.

Sebelum menjadi wisata religi dan bahwa makam keramat tersebut adalah makam orang sholih, situ tersebut sangat sepi dan terkesan menyeramkan (angker).

Bahkan Haji Sulaiman ketika diperintahkan Gus Dur untuk mengunjunginya guna berziarah, Haji Sulaiman di buat merinding, bulu kuduknya berdiri. Bagaimana tidak wong tempatnya kala itu begitu sepi terdapat hutan, bahkan kelalawar kala ia berziarah mengitari di atas kepalanya.

Makam tersebut adalah Makam Syech Panjalu yang diketahui masih keturunan Rasulullah SAW. Beliau bernama Syaikh Sayyid Ali bin Muhammad.

Situ Lengkong dan Makam keramat yang dulunya sepi itu, tahun demi tahun kian dikenal oleh masyarakat luas, dan banyak dikunjungi oleh banyak orang. Hal itu usai Mantan Presiden dan Ulama Besar dari PBNU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) berkunjung kesana dan mengatakan bahwa makam tersebut adalah makam orang Shalih.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 309 Pos