Sekilas Wisata Kuliner dan Kecamatan di Cilacap

Cilacap Kota
Cilacap Kota

Sekilas Wisata Kuliner dan Kecamatan di Cilacap. Cilacap adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kabupaten yang terluas di jateng. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kebumen.

Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Di sebelah barat berbatasan dengan Kota Banjar dan Kecamatan Lakbok Ciamis Jawa Barat dengan batasnya adalah Sungai Citanduy. Di sebelah Utara berbatasan dengan Brebes, Bumiayu, Ajibarang.

Wisata di Cilacap

Cilacap memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, disini ada Kemit Forest Education di Kecamatan Sidareja dan Hutan Mangrove yang terletak di Kampung Laut. Serta Pulau Momongan di Nusawungu, ketiganya adalah wisata dengan Nuansa Hutan. Ada juga Hutan Payau dan Wisata Karang Banar.

Cilacap juga memiliki wisata air seperti Kubangkangkung di Kawunganten dan Danau Bojong Rongga di Kedungreja.

Di Wilayah bagian Barat masih mengandalkan Curug sebagai Wisata Alam. Diantara Curug yang terkenal yakni Curug Cimandaway yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur dan Merupakan Curug Tertinggi di Kabupaten ini. Selain itu ada Curug Bandung yang terletak di Kecamatan Wanareja, Curug Manik di Kecamatan Majenang. Ada juga Bukit Panorama Ketapang Indah dan Cidayeuh Canyon di Dayeuhlur.

Wisata Lautnya juga tak kalah bagusnya. Wisata laut ini meliputi Pantai Widarapayung di Binangun, Pantai Jetis di Nusawungu, Pantai Teluk Penyu. Pantai Permisan (Pantai Kopassus TNI) yang berada di dekat Pulau Nusakambangan, Pantai Sodong, Pantai Pesisir Kutawaru.

Ada juga Bendungan Manganti di perbatasan Cilacap Jawa Tengah dengan Ciamis, dan Kota Banjar Jawa Barat. Taman Bunga Tali Asmoro, Pantai Cemara Sewu, Masjid Batu Taman Hati. Benteng Pendem, Gunung Selok, Srandil, Bukit Ketapang Indah Dayeuhluhur.

Kuliner Cilacap

Dari kulinernya yang terkenal adalah Brekecek, Rempeyek Yutuk, Mendoan juga jadi primadona tidak hanya di Banyumas.

Cilacap Memiliki 24 Kecamatan

yang diantaranya;

Adipala, Bantarsari, Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Cimanggu, Cipari, Dayeuhluhur, Gandrungmangu, Jeruklegi, Kampung Laut, Karangpucung, Kawunganten, Kedungreja, Kesugihan, Kroya, Majenang, Maos, Nusawungu, Patimuan, Sampang, Sidareja, Wanareja.


Penulis : ayu
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 21 Pos