Kisah Sumber Pengantin Dekat Kawah Ijen dan Kebon Kopi di Banyuwangi

sumber pengantin dusun tretes desa telemung kecamatan kalipuro banyuwangi youtube @setyo prayogi 4092
sumber pengantin dusun tretes desa telemung kecamatan kalipuro banyuwangi youtube @setyo prayogi 4092

Cilacap.info – Lagi viral KKN di Desa Penari beberapa minggu ini, dari trendingnya kisah tersebut, masyarakat, vlogger atau youtuber saling explore. Tak kalah juga Blogger, Media Online ikut mengulik dugaan lokasi yang ada di cerita tersebut.

Kali ini, Cilacap.info mencoba ikut menulusuri juga, namun tidak terkait dugaan lokasi Desa yang ditulis oleh SimpleMan.

Cilacap.info hanya mencoba mengexplore Sumber Pengantin sebuah tempat yang kerap dikunjungi banyak orang. Dan sekali lagi tidak menduga bahwa ini lokasinya hanya sekedar explore destinasi wisata di banyuwangi.

Sepertinya menarik, maka tidak ada salahnya kan untuk diexplore kembali ya meskipun bersumber dari youtuber.

O’iya Sumber yang dimaksud bisa dikatakan dengan istilah kata orang banyumasan (Tuk Banyu, red:Sumber mata air). Sedangkan bisa dinamakan Pengantin sebab terdapat dua sumber mata air.

Sumber Pengantin di Banyuwangi ini cukup unik, dan untuk melewatinya juga akan dijumpai kebun kopi. Lokasinya terlihat serem di tengah alas (hutan), di cek lokasi di google map dekat dengan Kawah Ijen dan agak jauh dari gunung raung.

Dikutip dari deskripsi video Youtube pemilik akun setyo prayogi 4092, bahwa sumber pengantin ini terletak di Dusun Tretes, Desa Telmung Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Mitos Sumber Pengantin

Sumber Pengantin tersebut menurut akun youtube setyo prayogi 4092 menyimpan cerita (kisah) mistis nan unik. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, dua sumber air itu akan berhenti mengeluarkan air jika lokasi sekitar mata air dipakai untuk kegiatan mesum.

Menurut salah satu sesepuh setempat, mata air Pengantin diberi nama sumber pengantin karena dua titik sumber airnya berdampingan.

“Jadi, Pada tahun 1986 hingga 1987, Mata Air Pengantin pernah tidak mengeluarkan air sama sekali. Disini tidak boleh ada orang yang melakukan pacaran. Apalagi berbuat mesum, sebab secara otomatis sumbernya akan mati.” kata sesepuh seperti yang ditulis akun tersebut.

Meski Mata Air Pengantin pernah marah, namun rupanya masih ada juga yang berbuat asusila disekitarnya. Bahkan kali ini bukan hanya pancaran mata air yang berhenti total. Tapi aliran sungainya juga turut mati hingga beberapa tahun.

Kini, Mata Air Pengantin menjadi sumber kehidupan puluhan Kepala Keluarga (KK) disana. Aliran airnya dialirkan melalui jaringan pipa ke permukiman. Namun lebih banyak yang suka langsung datang ke mata air itu berada.

“Banyak yang datang kesini hanya untuk mandi atau sekedar cuci muka. Katanya biar terlihat awet muda.” tulis youtuber satu ini.

“Warga setempat juga bersama-sama menjaga mata air sumber kehidupan mereka. Setiap ada warga dari luar yang berkeliaran di sekitar mata air Pengantin akan diawasi. Terlebih jika pasangan laki-laki dan perempuan.” Tambahnya.

 


Penulis : huda
Editor : bayu
Jumlah Artikel 59 Pos