Ini Dia Perbedaan Buah Cempedak dan Buah Nangka

ilustrasi buah cempedak dan buah nangka
ilustrasi buah cempedak dan buah nangka

Cilacap.info – Beda antara Buah Cempedak dengan Buah Nangka meski bentuknya agak mirip. Sekilas mengenai Cempedak ini yaitu sejenis buah-buahan yang berasal dari keluarga Moraceae.

Memang Bentuk buah cempedak ini, begitupun wanginya, begitu mirip dengan buah nangka. Akan tetapi cempedak aromanya lebih menyengat di hidung.

Kendati mirip dengan buah nangka, akan tetapi cempedak tentu berbeda dengan buah nangka. Perbedaan buah nangka agak kuning, sedangkan Cempedak agak oranye.

Kedua buah ini juga mempunyai nama latin masing-masing, seperti Cempedak, namnya yaitu Artocarpus champeden. Sedangkan Buah nangka nama latinnya Artocarpus heterophyllus,

Perbedaan lain diantara buah cempedak dengan buah nangka ini juga terletak di hampir semua bagian dari ke-dua tumbuhan tersebut.

Perbedaan yang paling menonjol ini yaitu terletak pada bagian batang, daunnya, kulit buahnya juga berbeda.

Adapun bentuk kedua buah ini juga berbeda yakni jika Cempedak lebih kecil daripada nangka dan tekstur dagingnya, biji, aroma, dan rasa pun berbeda.

Dari kejauhan, pohon cempedak bisa dikatakan sama, namun ketika berada tak jauh dari pohon meski tak ada buahnya bisa dibedakan.

Dalam sisi Daun cempedak ini, apabila dipegang terasa agak kasar dan juga terdapat bulu-bulu. Sedangkan pada nangka, daunnya lebih halus dan juga bersih.

Jika kedua buah ini sama-sama dalam keadan matang atau masak, maka buah cempedak dan buah nangka ini bisa dibedakan. Yakni aromanya, ciri khas cempedak aromanya sangat menyengat daripada buah nangka. (Ayu)

Penulis : ayu
Editor : bayu
Jumlah Artikel 50 Pos
Loading...