Pantai Widarapayung bakal Jadi Tempat Surfing

ilustrasi surfing
ilustrasi surfing

Cilacap.info — Sebentar lagi warga masyarakat di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bakal menyaksikan adanya Event Surfing. Pasalnya Pantai Widarapayung akan ada kegiatan Surfing Competition yang akan diselenggarakan pada November 2019 nanti.

Pantai Widarapayung atau WP ini selain memiliki keindahan juga merupakan Destinasi Wisata yang telah ditetapkan sebagai Desa Wisata melalui peraturan Bupati (perbup) Cilacap.

Pantai ini tergolong memiliki ombak yang besar sehingga cocok apabila dijadikan tempat untuk berselancar atau Surfing.

Baru-baru ini Kementrian Pariwisata melalui Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari Indroyono Soesilo mengatakan bahwa. Pihaknya menerima usulan terkait pantai-pantai di Cilacap, namun hanya Pantai WP yang memenuhi persyaratan.

“Dari sekian banyak usulan pantai-pantai di Kabupaten Cilacap, hanya Widarapayung yang memenuhu persyaratan untuk menjadi tempat surfing. Ombak pantainya juga memenuhi standar,” Katanya saat menghadiri Workshop Pengembangan Wisata Surfing, di Fave Hotel Cilacap, Rabu 3 Juli kemarin.

Ia juga menyampaikan untuk masalah Akses, Transportasi baik menggunakan Pesawat, Kereta Api juga bisa. Fasilitas seperti hotel juga mudah dan dekat. Sehingga Kemenpar sangat merekomendasikan Pantai Widarapayung, dan untuk mempopulerkan kegiatan surfing itu, akan digelorakan dengan cara menggelar Event.

“Kemenpar telah siap untuk menggelorakan Surfing di Pantai Widarapayung. Nanti November 2019 akan diadakan Festival Kompetisi Berselancar (Widarapayung Surfing Competision 2019),” Ungkapnya.

Bahkan kemenpar tidak tanggung-tanggung dalam Festival tersebut, pihaknya telah menghubungi dan menggandeng Asia Surf Competition (ASC).

Selebihnya, Indroyono menjelaskan. Masyarakat setempat telah siap jika bakal ada klub-klub surfing di Pantai Widarapayung. Begitu juga terkait Safety, disana juga telah terdapat Lifeguard.

“Masyarakat dan keamanan telah ada, maka hal ini sudah baik, tinggal sarana prasana saja yang harus diperhatikan. Lampu-lampu di wilayah pantai ini harus di pasang guna penerangan. Selain itu agar masyarakat dan para peselancar merasa nyaman, maka bisa dibuat pancuran air,” Terang Indroyono.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 352 Pos