Kedungreja, Wilayah Cilacap di Perbatasan yang Patut di Contoh

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Kedungreja adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Cilacap yang letaknya di wilayah perbatasan.

Diketahui, Kecamatan Kedungreja masuk wilayah Cilacap bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Meski masuk wilayah perbatasan. Namun warga masyarakat, kelompok pemuda seperti Karangtaruna, Pemdes, Lembaga seperti Pesantren patut untuk diacungi jempol.

Kedungreja bisa menjadi kecamatan percontohan. Mengubah rawa sepi senyap menjadi desa wisata, yakni seperti Danau Bojongrongga.

Selain itu, ada Pondok Pesantren bernama Rubat Mbalong Ell Firdaus yang berada di tambaksari. di sana selain mondok, santri dan masyarakat juga bisa belajar berwira usaha. Menyulap makhluk yang biasanya dianggap sebagai sumber penyakit justru dibudidaya.

Pesantren satu ini, membudiya Lalat Hitam untuk dijual. Jadi, belatung yang dihasilkan melalui telur yang sudah menetas dari maggot ini banyak manfaatnya. Diantaranya untuk pakan Lele dan ikan lainnya, bisa juga untuk pakan burung. Harganya pun terbilang lumayan.

Selain daripada Maggot, PP Rubat Mbalong juga membudidaya tanaman dan juga Lebah Madu. Hal ini tentunya mengeducation para santri dan juga masyarakat sekitar.

Baru-baru ini, POKDARWIS Sidanegara, Kecamatan Kedungreja juga sedang menggarap telaga yang dipenuhi ilalang dan eceng gondok untuk dijadikan destinasi wisata.

Ketua Pokdarwis Desa Sidanegara Faturahman mengatakan. Dengan dilakukan pembersihan telaga rancah gantung bersama warga. Diharapkan nantinya akan menjadikan telaga teesebut destinasi wisata.

“Jadi, kegiatan kerja bakti ini adalah sebagai langkah awal untuk mengembangkan destinasi wisata,” Jelas Faturahman.

Lebih lanjut, ia juga menilai bahwa telaga tersebut memiliki potensi. Sehingga kedepannya obwis Telaga Rancah Gantung tersebut bisa bermanfaat terutama bagi masyarakat sekitar.

“Semoga dengan pengembangan telaga ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama warga sekitar. Sebab telaga ini memiliki potensi yang bagus,” Ungkap Fatur Kamis (27/6/2019).(Ayu)

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait