Karies Gigi dan Karya Mahasiswa UMP Purwokerto

ilustrasi pasta gigi dari lendir bekicot
ilustrasi pasta gigi dari lendir bekicot

Cilacap.info — Kebiasaan malas membersihkan gigi menjadi penyebab timbulnya Plak dan Karies di area gigi karena sisa-sisa makanan.

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi keras dan bercampurnya air liur, kondisi demikian apabila dibiarkan maka akan timbul plak.

Selain Plak, gigi yang jarang disikat juga dapat memunculkan warna hitam seperti pasir atau yang biasa disebut dengan karies gigi terutama diarea gigi bagian belakang.

Perlu diketahui, Karies Gigi apabila dibiarkan maka bisa berakibat pada kerusakan gigi yang diantaranya, menyebabkan gigi berlubang. Kemudian Gigi berlubang juga bisa menimbulkan sakit gigi.

Fenomena ini tentunya bisa menjadi pengingat untuk masyarakat agar selalu rajin untuk membersihkan gigi. Namun terkadang orang yang sering menggosok gigi juga tidak luput dari yang namanya Karies Gigi.

Dari Kasus Karies Gigi ini, para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menemukan solusi Pencegahan Karies Gigi. Yakni dengan membuat Pasta Gigi berbahan Lendir Bekicot.

Memang melihatnya saja tidak bisa dibayangkan bagaimana hewan yang hidup diarea lembab berbentuk seperti keong ini apabila jadi obat ataupun dimakan begitupun untuk pasta gigi.

Namun ketika menjadi pasta gigi apalagi untuk kesehatan gigi, tentunya kesan geli tersebut akan sirna.

ilustrasi karies gigi
ilustrasi karies gigi

Diketahui, Mahasiswa UMP bagian Fakultas Farmasi dari tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) membuat pasta gigi dengan Lendir Bekicot. Hal itu didasari karena negara Indonesia adalah salah satu yang penduduknya memiliki masalah Karies gigi.

Ketua Kelompok PKM-PE Nofita Fitri Kurniasih mengatakan. Bekicot adalah makhluk yang memiliki protein yang disebut Achasin. Sehingga protein yang terkandung dalam lendir bekicot itu, dapat menjadi langkah untuk menghambat pertumbuhan enzim bakteri.

"Protein yang terkandung dalam Lendir Bekicot ini mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri jenis Streptococcus mutans yang menyebabkan karies gigi," Jelas Novi.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 210 Pos