Dinkes Cilacap Marwoto Minta Masyarakat Waspadai ISPA

ilustrasi penyakit menular ispa
ilustrasi penyakit menular ispa

Cilacap.info – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap H. Marwoto mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit menular ISPA.

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) merupakan penyakit yang dapat menular. Penularan penyakit tersebut dapat dengan segera menular dari satu orang ke orang lainnya apalagi selama masa pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap H. Marwoto menjelaskan bahwa. ISPA adalah penyakit yang harus diwaspadai apalagi pada masa pancaroba.

“ISPA adalah Penyakit yang harus diwaspadai saat masa pancaroba. Sebab penyakit ini dapat menular. Dari laporan yang telah diperoleh dari puskesmas seluruh wilayah di Cilacap, Penderitanya kini sudah mulai meningkat,” Katanya.

Ia juga menjelaskan gejala yang ditandai terjangkit ISPA, antaranya gejala batuk disertai bersin, kemudian pilek dan hidung tersumbat, serta nyeri pada tenggorokan. “Kemudian diikuti sesak napas, demam tinggi, kepala pusing, dan nyeri pada otot.” Imbuhnya.

Pada masa pancaroba seperti ini, Marwoto mengatakan bahwa, penyakit selain ISPA juga dapat muncul, seperti terkena Diare.

“Maka, kami menekankan kepada warga pentingnya dalam menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat (PHBS). Hal ini guna terhindar dari penyakit-penyakit yang menular pada masa pancaroba,” Kata Marwoto.

PHBS tersebut kata Marwoto, Diantaranya mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air sebelum makan. “Kemudian menutup makan-makanan agar tidak terkontaminasi dengan debu dan juga tidak dihinggapi lalat. Selanjutnya membersihkan lingkungan sekitar rumah (sekeliling rumah).” Pungkasnya.


Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 47 Pos