Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan mengikuti Kegiatan Pembinaan Satuan Tugas Keamanan

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Jumat (15/10), Jajaran Kantor Wilayah Jawa Tengah memberikan pembinaan satuan tugas keamanan kepada seluruh satker di eks karesidenan cilacap dan nusakambangan.

Kepala lembaga pemasyarakatan High Risk Pasir Putih NUSAKAMBANGAN Fajar Nur Cahyono menilai bahwa kegiatan pembinaan satuan tugas keamanan sangatlah penting mengingat tugas kita sebagai petugas pengamanan di lembaga pemasyarakatan. Oleh karena itu, beberapa perwakilan petugas Pengamanan Lapas High Risk Pasir Putih turut hadir dan mengikuti acara tersebut. Mengingat petugas Lapas High Risk Pasir Putih sangat memerlukan pembekalan serta pengetahuan lebih mengenai pembinaan Satuan Tugas Keamanan guna mengukuhkan dan meningkatkan tugas pengamanan di lapas, terutama lapas dengan kategori resiko sangat tinggi.

Kegiatan pembinaan satuan tugas keamanan untuk eks karesidenan Cilacap dan Nusakambangan diselenggarakan di Lapas Kelas IIB Cilacap yang dimentori langsung dari jajaran Kantor Wilayah Jawa Tengah dan dihadiri oleh wakil dari semua Lapas di Cilacap dan NUSAKAMBANGAN termasuk dari Lapas Pasir Putih Nusakambangan.

Dalam pertemuan kegiatan pembinaan satuan tugas keamanan yang bertemakan “ back to basic” tersebut menghasilkan beberapa pembahasan, antara lain pembinaan tentang prinsip-prinsip dasar satuan keamanan yang tertuang dalam permenkumham no. 33 tahun 2015 tentang pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, tugas pokok dan fungsi satuan operasional kepatuhan internal pemasyarakatan atau yang biasa kita dengar dengan istilah Satops Patnal PAS.

Selain membahas mengenai dua pembahasan tersebut, pada pertemuan tersebut juga disampaikan mengenai membangkitkan semangat dan marwah dari pemasyarakatan, serta tentang gangguan dan pencegahan KAMTIB yang dapat diterapkan pada lembaga pemasyarakatan pasir putih nusakambangan.

Komentar