Kolak Sekancil Kampung Laut Cilacap Wisata Mangrove Terlengkap di Indonesia

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Pertamina Refinery Unit IV Cilacap terus konsisten menjaga kelestarian hutan mangrove di wilayah konservasi Laguna Segara Anakan. Yaitu di Dusun Lempong Pucung, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bentuk dari pelestarian itu adalah dengan menanam lebih dari 1,2 juta pohon mangrove dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Alhasil, Segara Anakan, kini menjelma menjadi kawasan wisata mangrove terlengkap di Indonesia dengan 46 jenis mangrove tersertifikasi. Serta lebih dari 50 jenis mangrove telah teridentifikasi dengan aneka ragam flora dan fauna lainnya yang terdapat di kawasan ini.

Unit Manager Comm, Rel dan CSR RU IV Cilacap, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan. Sejak tahun 2016 Pertamina bersama Kelompok Krida Wana Lestari mulai mengembangkan Arboretum Mangrove Kolak Sekancil (Konservasi Laguna Segara Anakan Cilacap). Hal ini dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga kelestarian hutan mangrove di wilayah Segara Anakan.

“Pelestarian ekosistem mangrove Kolak Sekancil dilakukan dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga keberadaan hutan mangrove ini tidak hanya untuk menjaga lingkungan tetapi juga memberikan pemberdayaan secara ekonomi kepada masyarakat.” ujar Laode dilansir dari laman resmi Pertamina.

Kolak Sekancil Kampung Laut terdapat 64 Burung, 8 Mamalia dan 3 Jenis Reptil

Selain dapat menjumpai beranekaragam jenis mangrove di kawasan wisata mangrove Kolak Sekancil, Laode juga mengatakan bahwa. Kawasan ini memiliki 64 jenis burung, 8 jenis mamalia dan 3 jenis reptil. Dimana terdapat juga 2 spesies flora dan 12 fauna dengan status konservasi tinggi.

“Beranekaragamnya jenis flora dan fauna di Arboretum mangrove Kolak Sekancil juga sering dimanfaatkan menjadi tempat penelitian dan pendidikan bagi generasi muda. Yaitu terutama para pelajar, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kelestarian lingkungan.” imbuh Laode.

Komentar