oleh

Kesugihan Cilacap Zona Merah Corona, TNI Polri Semprotkan 2000 Ton Cairan Disinfektan

Cilacap.info – Guna mencegah penularan dan memutus mata rantai pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap, Kodim 0703 Cilacap melaksanakan sterilisasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai titik yang rawan terpapar virus tersebut.

Terkait hal tersebut, Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) menggandeng pengusaha di wilayah Cilacap, salah satunya PT. Kancil Emas Tunggal Perkasa untuk membantu Pemerintah daerah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Inilah saatnya kita turun ke lapangan, menyambangi masyarakat dan mengetahui keadaan terkini kondisi mereka. Kita dari Kodim tidak tinggal diam, berbagai hal sudah kita lakukan sebagai upaya preventif guna mencegah penyebaran covid-19 ini. Kita sudah menyiapkan 2 unit kendaraan yang mengangkut cairan disinfektan, nantinya kendaraan ini akan dioperasionalkan ke daerah-daerah yang sudah kita tentukan.” Kata Dandim saat melakukan pengecekan personel dan materil di halaman Makodim, Kamis (26/3).

Lebih lanjut Dandim mengatakan, adapun sasaran yang dijangkau meliputi pemukiman warga, tempat ibadah, tempat pendidikan, terminal dan pasar-pasar rakyat, yang mana tempat tersebut adalah tempat berkumpulnya masyarakat.

“Kita harus mampu memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19, dengan berbagai cara. Inilah salah satu sanitasi, cara kita dengan menggunakan disinfektan yang sangat penting untuk mencegah penyebaran virus. Selain itu kita juga melakukan pencerahan dan menghimbau kepada masyarakat agar social distance dilakukan dengan baik, disini saya berharap kepada media agar memberikan berita yang aktual, sehingga timbul kesadaran masyarakat tentang bagaimana upaya-upaya pencegahan ini.” Imbuhnya.

Dalam kegiatan sterilisasi ini, Kodim 0703 Cilacap telah menyiapkan 2000 ton liter cairan disinfektan guna mendukung operasi penyemprotan selama 3 hari kedepan. Adapun dalam kegiatan hari ini memprioritaskan beberapa lokasi diantaranya “Red Zone (zona merah)” di Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Komplek Ponpes Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, Terminal Bus Cilacap, dan Pasar Sidodadi Cilacap Tengah. (* / Pendim 0703 Cilacap)

Baca Juga :   Seorang Anak di Kesugihan, Jadi Korban Perampasan Motor

Putus Mata Rantai Virus Corona, TNI Polri dan Satpol PP di Cilacap Beri Himbauan Social Distaching

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Polres Cilacap bersama instansi-instansi yang ada di Kabupaten Cilacap, untuk membantu program pemerintah dalam antisipasi virus corona. Salah satunya adalah dengan menggelar patroli gabungan TNI Polri dan instansi lain di wilayah hukum Polres Cilacap. Kamis (26/03/2020) dini hari.

Baca Juga :   Hari Bumi ke 50 di Situasi Pandemi Covid-19

Patroli dilakukan ke tempat umum, café dan juga titik-titik kumpul warga yang biasa nongkrong bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar disiplin dan sadar akan pentingnya kesehatan dan sadar akan bahaya dari virus corona ini.

“Jadi kita gelar secara dialogis. Kita himbau warga yang berkerumun untuk segera pulang. Dan menghimbau juga kepada para pedagang yang masih buka lebih dari pukul 09.00 wib kami himbau untuk menutup maksimal pukul 09.00 wib. Hal ini pemerintah lakukan demi kebaikan kita semua.” Ucap Kapolres.

Baca Juga :   Bersatu Hadapi Covid-19, Ini Gagasan Dandim Cilacap

Patroli himbauan dilakukan agar masyarakat disiplin mentaati instruksi pemerintah dalam masa antisipasi wabah corona akan terus dilakukan oleh aparat gabungan di Kabupaten Cilacap. Tujuan utama adalah untuk menjaga kabupaten Cilacap ini aman dari virus corona. (* / Humas Polres Cilacap)