oleh

Babinsa Koramil 03 Gringsing Kodim Batang Bersama Petani Lakukan Gropyokan

Batang, CILACAP.INFO – Sebagai upaya memberantas hama tikus dilahan pertanian (persawahan) Desa Kutosari, Kecamatan Gringsing, puluhan petani dibantu anggota Koramil 03 gringsing melaksanakan Gropyok Tikus dilokasi persawahan Poktani Makmur Desa Kutosari Kecamatan Gringsing. Jumat (22/2019).

Kegiatan ini juga diikuti Camat Gringsing Diwakili Bpk. Koko, Babinsa Koramil 03 Gringsing Sertu Pursugiyanto, anggota Polsek Gringsing,Ka BPP Gringsing Ibu Rohati, Kades Kutosari Teguh Puji, Para petani 40 orang.

Baca Juga :   Warga Bukateja Purbalingga Tewas saat Tertimpa Pohon

Babinsa Koramil 03 Gringsing Sertu Pursugiyanto bersama petani langsung terjun ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak. Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan.

“Pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Babinsa memang harus tanggap terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen,” ungkap Pursugiyanto.

Dengan dilaksanakannya kegiatan, diharapkan hama tikus diwilayah Desa Kutosari dan sekitarnya dapat berkurang dan dapat meningkatkan hasil Pertanian, untuk percepatan swasembada pangan khususnya di Kecamatan Gringsing.

Baca Juga :   4 Ruko di Kabupaten Batang Terbakar

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. Meski menggunakan peralatan seadanya, babinsa bersama PPL dan para petani padi dapat memaksimalkan hasil tangkapan hama tikus ini.

Kades Kutosari Teguh Puji yang mengikuti kegiatan tersebut menambahkan, upaya perang terhadap hama tikus sawah ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil panen petani di Desa Kutosari.

Baca Juga :   Dorongan Kemanusiaan, Menuntun Dandim 0736 Batang Menolong Suwarno

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil Gringsing dan petugas PPL secara berkelanjutan kami optimis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini. Sebagai buktinya dalam gropyok sawah bersama ini kami berhasil menangkap sekitar 250 ekor tikus dengan peralatan seadanya.” tutup Teguh Puji. (Pendim Batang)