oleh

Kelezatan Buah Matoa Rasa Durian

CILACAP.INFO – Bagi sebagian warga di pulau jawa, pasti ada yang belum mengetahui buah matoa yang bentuk dan rasanya unik.

Buah Matoa merupakan jenis tanaman buah-buahan asli indonesia yang tumbuh dan dapat dijumpai di dataran indonesia timur, tepatnya di Papua.

Buah ini jika matang warna kulitnya seperti Anggur atau Manggis, kulitnya agak tebal. Namun isinya (buahnya) seperti buah rambutan atau seperti kelengkeng, begitupun kenyalnya dan warna nya. Akan tetapi ketika dicicipi justru rasanya seperti buah Durian.

Baca Juga :   Durian Montong Cane, Agrowisata di Limbangan Wanareja

Itu sebabnya, CILACAP.INFO mengatakan kalau buah ini cukup unik, selain itu jika pohonnya dimulai dari bibit ditanam di dekat rumah, orang yang tidak tahu maka tidak menyangka bahwa pohon tersebut adalah pohon yang buahnya dapat dimakan.

Bibit Pohon Matoa juga dijual oleh penjual bibit-bibit tanaman buah-buahan, bahkan bibit matoa ini juga bisa ditanam di pulau jawa. Kini tanaman matoa sudah banyak dibudidayakan di pulau jawa dan dapat dijumpai di pulau jawa.

Baca Juga :   Ini Dia Perbedaan Buah Cempedak dan Buah Nangka

Buah unik yang seperti Kelengkeng dan Rambutan namun Rasanya seperti Durian ini ternyata mempunyai segudang manfaat.

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah ini yaitu untuk kesehatan. Pasalnya Buah satu ini diketahui mengandung Antioksidan.

Jadi apabila Anda pecandu rokok dan ingin mengurangi ketergantungan rokok, anda bisa mengurangi ketergantungan rokok dengan banyak mengkonsumsi buah matoa ini.

Di tanah Papua sendiri, buah matoa ini terdapat 2 (dua) jenis, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Sedangkan yang biasanya ditanam dijawa sepertinya jenis Matoa Kelapa.

Baca Juga :   Aparat TNI Kodim Cilacap Intens Pantau Wilayah dan Himbau Warga Waspada Potensi Bahaya Banjir

Pasalnya pada jenis Matoa Kelapa persis seperti rambutan atau kelengkeng yang kenyal namun rasanya seperti durian. Sedangkan Matoa Papeda agak lengket buahnya.

Buah Matoa ini rasanya manis dan mirip seperti durian, jika orang tidak menyukai durian tapi ingin mencoba menyicipi alternatif dari durian, anda bisa mencoba buah matoa ini.