oleh

Kebiasaan Baca Hanya di Judul Bukti Gagalnya Literasi

Cilacap.info – Salah persepsi karena hanya baca judulnya saja bisa menjadikan orang mudah terburu-buru dalam melontarkan kata-kata.

Kebiasan baca judulnya saja meskipun ada deskripsi singkat atau artikel secara keseluruhan tetap saja akan salah. Meski hal itu dijabarkan tanpa ada sedikitpun perubahan baik kata maupun penulisan tetap akan salah.

Fenomena tersebut kerap kali dijumpai di dunia maya, maka jika menghadapi orang seperti ini biarkan saja, bukan apa-apa atau tak perlu memaksakan diri untuk membuktikannya.

Baca Juga :   Mobil Perpus Keliling Diserbu Adik-Adik MI Darwata Glempang Maos

Biarlah mereka sendiri yang mencarinya hingga menemukannya asumsi yang menurutnya salah, bohong, alasan, mengada-ada, ngeles dan sebagainya.

Memang tepat dan benar jika seseorang rajin atau banyak membaca maka akan menghasilkan ilmu dan menambah ilmu dan juga wawasan.

Membaca adalah sama dengan literasi, maka ketika seseorang hanya membaca judul maka tidak salah jika dikatakan gagal dalam literasi.

Jika sudah demikian maka mau diapakan lagi, apalagi jika sudah merasa benar sendiri ditambah fanatik berlebihan. Terkecuali jika hal tersebut diri sendiri yang merubahnya.

Baca Juga :   Jangan Heran Jika Jangkauan Halaman Facebook Menurun Pengunjung di Website Justru Naik

Gagalnya Literasi disebabkan hanya baca judulnya saja baik artikel apapun itu maupun artikel berita yang menyebabkan seseorang menjadi seperti berikut:

1. Mudah Marah
Diyakini atau tidaknya, mudah marah karena terbiasa baca judulnya saja, hal ini menyebabkan seseorang mudah emosi.

Jika sudah demikian, maka orang lain enggan untuk menanggapi lebih lanjut, apalagi berbedat dengan orang seperti ini. Karena akan percuma dan akan tetap salah.

Baca Juga :   Kisah 2 TKI di Negara Berbeda Kenal dan Langsung Pisah Karena Beda Harokah

2. Cepat Melontarkan Cemooh dan Kata-kata buruk

Kebiasaan baca hanya judulnya saja juga bisa menyebabkan seseorang mudah melontarkan kata-kata yang buruk serta cemoohan.

Terkadang orang seperti ini memang sudah terbiasa berbedat dan dalam berdebatnya juga sudah terbiasa melontarkan kata yang tidak sedap hingga nama-nama dunia binatang.

Selain 2 hal diatas, fanatik berlebihan serta minimnya membaca terkecuali hanya judul, juga bisa menjadi sebab bahwa apapun itu akan salah dan hanya benar menurutnya.