oleh

Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kabupaten Cilacap, Senin 27 April 2020

Cilacap.info – Jadwal Imsakiyah Harian Online di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah (Jateng) Senin, 27 April 2020 meliputi waktu Sholat, Imsak dan buka Puasa hari ke-4 (empat), Ramadan 1441 Hijriyah. Berikut adalah jadwal dan jam imsakiyah di seluruh wilayah di kabupaten cilacap di bulan Ramadhan Puasa ke-4.

Sebelum itu perlu diketahui, Cilacap adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kabupaten yang terluas di jateng. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Di sebelah barat berbatasan dengan Kota Banjar dan Kecamatan Purwadadi, Lakbok, Rancah Ciamis Jawa Barat dan juga batasnya adalah Sungai Citanduy. Di sebelah Utara berbatasan dengan Brebes, dan Kuningan Jawa Barat.

Cilacap memiliki bahasa yang khas yakni Jawa Banyumasan atau Ngapak, suatu wilayah yang juga disebut masih dalam Karesidenan Banyumas. Biasa dikenal Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen).

Selain itu, di Cilacap juga terdapat wilayah yang masyarakatnya berbahasa Sunda. Adapun di kabupaten ini juga dilintasi 2 sungai besar yaitu Sungai Citanduy yang bermuara di Laguna Segara Anakan dan juga Sungai Serayu.

Kabupaten ini memiliki Klub Sepak Bola bernama PSCS Cilacap dengan Stadion bernama Wijayakusuma dan berkapasitas tribun penonton yakni 25.000 lebih.

Wisata di Kabupaten Cilacap

Cilacap memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Kemit Forest Education di Kecamatan Sidareja dan Hutan Mangrove yang terletak di Kampung Laut. Serta Pulau Momongan di Nusawungu, ketiganya adalah wisata dengan Nuansa Hutan. Ada juga Hutan Payau dan Wisata Karang Banar.

Baca Juga :   Tak Hanya China, Makanan Ekstrem, di Indonesia Ada Pasar Tomohon

Cilacap juga memiliki wisata air seperti Kubangkangkung di Kawunganten dan Danau Bojongrongga di Kedungreja.

Di Wilayah bagian Barat masih mengandalkan Curug sebagai Wisata Alam. Diantara Curug yang terkenal yakni Curug Cimandaway yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur dan Merupakan Curug Tertinggi di Kabupaten ini. Selain itu ada Curug Bandung yang terletak di Kecamatan Wanareja, Curug Manik di Kecamatan Majenang. Ada juga Bukit Panorama Ketapang Indah dan Cidayeuh Canyon di Dayeuhluhur, serta Curug Geulis di Cipari.

Wisata Lautnya juga tak kalah bagusnya, meliputi Pantai Widarapayung di Binangun, Pantai Jetis di Nusawungu, Pantai Teluk Penyu. Pantai Permisan (Pantai Kopassus TNI) yang berada di dekat Pulau Nusakambangan, Pantai Sodong, Pantai Pesisir Kutawaru dan Pantai Pasir Putih Ranca Babakan Kampung Laut.

Ada juga Bendungan Manganti di perbatasan Cilacap Jawa Tengah dengan Ciamis, dan Kota Banjar Jawa Barat. Selain itu ada Taman Bunga Tali Asmoro, Pantai Cemara Sewu, Benteng Pendem, Gunung Selok, Srandil.

Wisata Religinya meliputi ziarah ke pusara (makam) Syaikh Mahfudz di Gunung Selok Adipala, Syaikh Husein Zamaksyari di Kawunganten.

Dari kulinernya yang terkenal adalah Brekecek, Rempeyek Yutuk, Mendoan juga jadi primadona tidak hanya di Banyumas. Selain itu Dages, Gembus, Karedok, Pecel.

Jika bulan ramadhan, adapun kuliner hidangan yang biasanya disajikan ketika berbuka dan jadi menu utama yakni kolak (pisang, singkong, ubi).

Selain itu es kolang – kaling, atau bubur kacang hijau dengan campuran pudding (kembang pacar).

Baca Juga :   Gugus Tugas DPC Partai Demokrat Cilacap dan Anggota Dewan Amelia Bagi Seribu Masker dan Lakukan Penyemprotan Covid-19

Cilacap Memiliki 24 Kecamatan yang diantaranya

Adipala, Bantarsari, Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Cimanggu, Cipari, Dayeuhluhur, Gandrungmangu, Jeruklegi, Kampung Laut, Karangpucung, Kawunganten, Kedungreja, Kesugihan, Kroya, Majenang, Maos, Nusawungu, Patimuan, Sampang, Sidareja, Wanareja

Puasa Bagi Umat Muslim adalah Wajib

Bagi Umat Muslim, Puasa Ramadhan adalah kewajiban, Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim dilakukan setiap satu tahun sekali dan selama satu bulan penuh.

Adapun ayat Al Qur’an yang menerangkan tantang Puasa Ramadhan yakni pada Surah Al Baqarah ayat ke 183, bahwasanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah 2 : 183)

Selain itu Puasa juga didahului dengan niat, niatnya adalah sebagai berikut;

Bacaan niat puasa

Sebelum memulai puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca niatnya terlebih dahulu, biasanya doa niat puasa juga dibacakan saat sholat tarawih selesai dan dibaca bersama-sama.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’ala.

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Apa itu Saum atau Puasa, Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta menahan diri dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Baca Juga :   Polres Cilacap Tangkap 5 Pelaku Judi

Puasa dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selain itu, puasa bagi umat muslim yakni untuk meningkatkan ketakwaan.

Setelah seharian menahan lapar dan haus (dahaga), maka ada waktunya untuk ummat muslim berbuka puasa.

Berbuka puasa di indonesia ini seperti di daerah Jawa rasanya ada yang kurang jika tidak ada Kolak, tapi sebelum berbuka puasa dianjurkan terlebih dahulu untuk membaca niat buka puasa, adapun niatnya yakni;

Doa buka puasa

Sebelum berbuka, maka ummat muslim dianjurkan untuk membaca niat untuk berbuka puasa, adapun niatnya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Bagi saudara yang ingin mengetahui Jadwal, Waktu Imsak maupun Imsakiyah untuk Kabupaten Cilacap, maka berikut adalah Jadwal Buka Puasa di Bulan Suci Ramadhan 2020.

Adapun kami meghimpunnya dari Kementrian Agama Republik Indonesia melalui laman resmi bimasislam.kemenag.go.id untuk tanggal 27 hari Senin bulan April 2020 puasa ke-4.

4 Ramadan 1441 Hijriyah

IMSAK Pukul 04:19 WIB

SUBUH Pukul 04:29 WIB

TERBIT Pukul 05:43 WIB

DUHA Pukul 06:11 WIB

ZUHUR Pukul 11:45 WIB

ASAR Pukul 15:05 WIB

MAGRIB Pukul 17:40 WIB

ISYA Pukul 18:51 WIB

Diatas adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Cilacap Jawa Tengah (Jateng).