Perempuan Berdaya Geliatkan UMKM Kriya di Kedungreja

perempuan berdaya geliatkan umkm kriya di kedungreja
perempuan berdaya geliatkan umkm kriya di kedungreja

CILACAP.INFO – Tema pemberdayaan selalu menarik untuk dibahas dalam setiap kegiatan masyarakat. Pemberdayaan adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan agar peserta kegiatan bisa berdikari atau mandiri sehingga tidak bergantung kepada orang lain.

Salah satu ujung dari kegiatan pemberdayaan adalah kemandirian dalam segi ekonomi. Melalui peningkatan kapasitas bidang kerajinan misalnya. Dalam agenda atau program pemerintah sering kita dengar untuk diusulkan.

Rumah Baca Mahardhika sebagai komunitas yang aktif berkegiatan di tengah-tengah masyarakat ingin ikut andil dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Minggu 04 Februari 2024 bertempat di Gang Suryanom Dusun Tegalanak Desa Kedungreja Kecamatan Kedungreja dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Kerajinan Macrame Gantungan Kunci.

Bertindak sebagai narasumber ibu Siti Khotimah selaku Founder dan juga Owner Mahren Craft Cilacap. Acara diikuti oleh 41 peserta dari beragam usia. Ibu rumah tangga, remaja dan juga anak.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepekaan pengelola rumah baca akan keadaan di sekitar. Belum adanya kegiatan penguatan UMKM Kriya (kerajinan tangan) yang perlu dimunculkan agar kegiatan masyarakat nantinya beragam tidak hanya UMKM pangan namun juga UMKM Non pangan.

Seluruh peserta antusias dan sukses mempraktekkan kerajinan yang diarahkan oleh ibu Siti Khotimah. Bahkan ibu Supri mengusulkan agar hasil dari prektek pelatihan agar di promosikan melalui media sosial sehingga jika ada orderan mereka siap mengambil pekerjaan ini. Sungguh antusiasme yang tinggi yang selaras dengan harapan pengelola Rumah Baca yaitu terbangunnya geliat ekonomi dibidang kerajinan.

Sementara itu acara bersambut dengan penyuluhan Pemilu oleh anggota PANWAS Kecamatan Kedungreja ibu Dhini Manggiasih. Kegiatan ini tentunya untuk membekali warga agar dapat menjalankan hak pilih dengan benar dan juga sekaligus sebagai pihak yang berhak ikut serta dalam pengawasan kegiatan pemilu.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait