Cara Santri Ponpes Sufyan Tsauri Cari Donasi Saat Pesantren Lockdown

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Bagaimana jadinya bila pemerintah atau sebuah pesantren memberlakukan kebijakan lockdown? Apalagi sudah ada satu pesantren yang memberlakukan kebijakan lockdown, yaitu di Cigaru, Majenang, Jawa Tengah.

Lockdown berarti mengunci atau membatasi ke luar masuk orang ke daerahnya. Artinya mereka total berdiam di kamar asrama tanpa aktivitas. Nah, untuk mengatasi ini perlu persiapan matang bagi pesantren apalagi santrinya. Lalu persiapannya di mana?

Dalam kondisi seperti itu, diperlukannya bantuan bagi mereka yang terdampak dari kebijakan Lockdown. Untuk pemenuhan kebutuhan harian maka perlu bantuan itu. Macam macam cara cari donasi, ada dengan video lucu agar para donatur tertarik dan gembira memberikan donasinya.

Dan ada juga yang dengan cerita bernarasikan kisah mereka selama dalam penjara isolasi baik santri maupun kiai.

“Dalam situasi begini, butuh nutrisi bahagia sepanjang hari. Mari bantu mereka..,” tulis salah satu santri via pesan diaplikasi wa-nya.

Dalam pesan tersebut, menyertakan sebuah gambar yang bikin kamu ketawa dan gembira. Gambar itu menceritakan seorang pelaksana medis kesehatan atau satgas covid19 di tengah upaya melakukan tugasnya yakni cek kesehatan para santri mereka menggunakan kostum bak astronot, pun berpose bak foto model, sang Kiai dengan pesan “covid.. siapa takut…bendera merahputih dan ditimpali ketika astronot singgah di bumi santri..

Namun ada pula vidio dengan mengetengahkan main kartu yang sesungguhnya menjelaskan tentang ajakan ingat sholat lima waktu.. ada banyak cara santri cari donasi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari selama terjadi lockdown ini.

Itulah narasi ajakan untuk memberikan bantuan kepada mereka kaum pesantren yang terdampak dari wabah corona ini. Ajakan cari donasi diinisiasi oleh Tim Sakti/Sahabat Kiai dan Santri, seperti gusdurian Majenang, Lesbumi Majenang, Banom-banom NU, GP Ansor-Banser juga Alumni Pesantren Cigaru.

Komentar