Cara Cek BPUM UMKM 1,2 Juta dan Jadwal Pencairannya

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Apakah Anda pernah mendaftarkan diri anda atau keluarga anda pada Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Sosial Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)?

Jika pernah maka Anda bisa mengeceknya di laman https://eform.bri.co.id/bpum, ingat jangan laman lain karena banyak laman penipu yang sengaja membuat design tema serupa sebagaimana di eform BRI, jadi seolah-olah itu adalah laman eform BRI.

Masuk ke https://eform.bri.co.id/bpum dari browser di smartphone Anda, silahkan masukkan Nomor Identitas Penduduk (NIK) sesuai e-KTP milik Anda.

Setelah selesai mengisi kolom ID e-KTP, jangan lupa, anda bisa masukan Captcha sesuai pada gambar yang tertera dan setelah itu klik Proses Inqury.

Jika Proses Inqury sudah di klik, maka akan muncul kalimat, jika anda terdaftar maka tertera nama anda yang berbunyi bahwa anda terdaftar dengan background atau latar belakang berwarna Hijau dan jika tidak terdaftar dengan latar belakang merah maka anda tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.

Adapun jika anda terdaftar sebagai penerima, anda juga dapat melakukan jadwal pengambilan di cabang bank BRI terdekat pada tanggal yang telah anda masukkan di eform BRI.

Caranya yakni dengan memilih pilihan Nama Provinsi, misalnya Jawa Tengah, lalu Kab. Kota, misal Cilacap, dan cabang bank terdekat.

Kemudian akan muncul juga jadwal pengambilan dan anda bisa klik jadwal.

Setelah langkah ini selesai, maka akan tertera nama Bank Cabang untuk pengambilan atau pencairan dana Bansos serta Nomor Referensi.

Anda bisa screenshot ataupun mencetaknya (Print) nomor referensi beserta bukti terdaftar penerima bantuan, hal ini sebagai bukti nanti saat pengajuan pencairan di bank.

Adapun Syarat dalam pengajuan di bank, yakni membawa SKU (Surat Keterangan Usaha) dari Desa, foto kopi Kartu Keluarga (KK), Foto Kopi KTP, dan Foto Unit Usaha (sesuai yang anda ajukan saat pendaftaran BPUM).

Komentar