oleh

Bukan Spam, Ini Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari ke-6 di Cilacap, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara dan Purbalingga

Cilacap.info – Tidak terasa, puasa ramadhan 1441 Hijriah akan memasuki hari yang ke-6 (enam) pada Rabu (29 April 2020). Adapun terkait hal ini, maka kami akan memberikan informasi mengenai Waktu Sholat atau bisa disebut Imsakiyah yang meliputi Imsak dan Buka Puasa.

Sebelum itu, guna memberitahukan perihal jadwal imsakiyah pada hari ini, kami ingin mengajak para pengguna internet untuk mengetahui ke-5 daerah ini.

Yaitu meliputi wilayah kecamatan yang terdapat di wilayah tersebut, juga destinasi wisata dan kuliner. Namun sebelumnya mari simak beberapa hal mengenai puasa dan niatnya.

Puasa Bagi Umat Muslim adalah Wajib

Bagi Umat Muslim, Puasa Ramadhan adalah kewajiban, Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim dilakukan setiap satu tahun sekali dan selama satu bulan penuh.

Adapun ayat Al Qur’an yang menerangkan tantang Puasa Ramadhan yakni pada Surah Al Baqarah ayat ke 183, bahwasanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah 2 : 183)

Selain itu Puasa juga didahului dengan niat, niatnya adalah sebagai berikut;

Bacaan niat puasa

Sebelum memulai puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca niatnya terlebih dahulu, biasanya doa niat puasa juga dibacakan saat sholat tarawih selesai dan dibaca bersama-sama.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’ala.

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Apa itu Saum atau Puasa, Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta menahan diri dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Puasa dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selain itu, puasa bagi umat muslim yakni untuk meningkatkan ketakwaan.

Setelah seharian menahan lapar dan haus (dahaga), maka ada waktunya untuk ummat muslim berbuka puasa.

Berbuka puasa di indonesia ini seperti di daerah Jawa rasanya ada yang kurang jika tidak ada Kolak, tapi sebelum berbuka puasa dianjurkan terlebih dahulu untuk membaca niat buka puasa, adapun niatnya yakni;

Doa buka puasa

Sebelum berbuka, maka ummat muslim dianjurkan untuk membaca niat untuk berbuka puasa, adapun niatnya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

1. Mengenal Kabupaten Cilacap

Cilacap adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kabupaten yang terluas di jateng. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Di sebelah barat berbatasan dengan Kota Banjar dan Kecamatan Purwadadi, Lakbok, Rancah Ciamis Jawa Barat dan juga batasnya adalah Sungai Citanduy. Di sebelah Utara berbatasan dengan Brebes, dan Kuningan Jawa Barat.

Baca Juga :   Begini Kronologi Panggung untuk Kegiatan Dzikir MKAH Roboh

Cilacap memiliki bahasa yang khas yakni Jawa Banyumasan atau Ngapak, suatu wilayah yang juga disebut masih dalam Karesidenan Banyumas. Biasa dikenal Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen).

Selain itu, di Cilacap juga terdapat wilayah yang masyarakatnya berbahasa Sunda. Adapun di kabupaten ini juga dilintasi 2 sungai besar yaitu Sungai Citanduy yang bermuara di Laguna Segara Anakan dan juga Sungai Serayu.

Kabupaten ini memiliki Klub Sepak Bola bernama PSCS Cilacap dengan Stadion bernama Wijayakusuma dan berkapasitas tribun penonton yakni 25.000 lebih.

Wisata di Kabupaten Cilacap

Cilacap memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Kemit Forest Education di Kecamatan Sidareja dan Hutan Mangrove yang terletak di Kampung Laut. Serta Pulau Momongan di Nusawungu, ketiganya adalah wisata dengan Nuansa Hutan. Ada juga Hutan Payau dan Wisata Karang Banar.

Cilacap juga memiliki wisata air seperti Kubangkangkung di Kawunganten dan Danau Bojongrongga di Kedungreja.

Di Wilayah bagian Barat masih mengandalkan Curug sebagai Wisata Alam. Diantara Curug yang terkenal yakni Curug Cimandaway yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur dan Merupakan Curug Tertinggi di Kabupaten ini. Selain itu ada Curug Bandung yang terletak di Kecamatan Wanareja, Curug Manik di Kecamatan Majenang. Ada juga Bukit Panorama Ketapang Indah dan Cidayeuh Canyon di Dayeuhluhur, serta Curug Geulis di Cipari.

Wisata Lautnya juga tak kalah bagusnya, meliputi Pantai Widarapayung di Binangun, Pantai Jetis di Nusawungu, Pantai Teluk Penyu. Pantai Permisan (Pantai Kopassus TNI) yang berada di dekat Pulau Nusakambangan, Pantai Sodong, Pantai Pesisir Kutawaru dan Pantai Pasir Putih Ranca Babakan Kampung Laut.

Ada juga Bendungan Manganti di perbatasan Cilacap Jawa Tengah dengan Ciamis, dan Kota Banjar Jawa Barat. Selain itu ada Taman Bunga Tali Asmoro, Pantai Cemara Sewu, Benteng Pendem, Gunung Selok, Srandil.

Wisata Religinya meliputi ziarah ke pusara (makam) Syaikh Mahfudz di Gunung Selok Adipala, Syaikh Husein Zamaksyari di Kawunganten.

Dari kulinernya yang terkenal adalah Brekecek, Rempeyek Yutuk, Mendoan juga jadi primadona tidak hanya di Banyumas. Selain itu Dages, Gembus, Karedok, Pecel.

Jika bulan ramadhan, adapun kuliner hidangan yang biasanya disajikan ketika berbuka dan jadi menu utama yakni kolak (pisang, singkong, ubi).

Selain itu es kolang – kaling, atau bubur kacang hijau dengan campuran pudding (kembang pacar).

Cilacap Memiliki 24 Kecamatan yang diantaranya

Adipala, Bantarsari, Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Cimanggu, Cipari, Dayeuhluhur, Gandrungmangu, Jeruklegi, Kampung Laut, Karangpucung, Kawunganten, Kedungreja, Kesugihan, Kroya, Majenang, Maos, Nusawungu, Patimuan, Sampang, Sidareja, Wanareja

6. Ramadan 1441 Hijriyah

IMSAK Pukul 04:19 WIB

SUBUH Pukul 04:29 WIB

TERBIT Pukul 05:43 WIB

DUHA Pukul 06:11 WIB

ZUHUR Pukul 11:45 WIB

ASAR Pukul 15:05 WIB

MAGRIB Pukul 17:40 WIB

ISYA Pukul 18:50 WIB

Diatas adalah jadwal imsakiyah untuk wilayah Cilacap Jawa Tengah (Jateng).

Baca Juga :   Gelombang Tinggi 2,5 – 4,0 Meter Intai Perairan Jabar, Jateng, DIY Hingga 3 Hari Kedepan

2. Mengenal Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas, kabupaten ini memiliki 27 Kecamatan yang diantaranya;

Ajibarang, Baturraden, Cilongok, Gumelar, Kalibagor, Karanglewas, Kebasen, Kedungbanteng, Kembaran, Kemranjen, Jatilawang, Lumbir, Patikraja, Pekuncen, Purwojati, Purwokerto Barat, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur, Purwokerto Utara, Rawalo, Sokaraja, Somagede, Sumbang, Sumpiuh, Tambak, Wangon.

Banyumas juga punya destinasi wisata, berikut Top 10 Destinasi di Kabupaten Banyumas;

Batu Raden, Rita Super Mall, Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, The Village Purwokerto, Air Mancur Alun Alun, Curug Telu, Kebun Raya Baturaden, Taman Akuarium Besar Purbasari, Masjid Jenderal Besar Soedirman, dan Desa Wisata Ketenger.

Sedangkan untuk kuliner di Banyumas juga sangat menggoda di lidah, berikut 10 top kuliner di Kabupaten Banyumas;

Soto Sokoraja, Waroeng Pisa, Soto Sutri, Soto H. Loso, Bakmi Gareng Banyumas, Ayam Penyet Surabaya, Ayam Bebek Pak Boss, Seafod Bakar Seruni, Cafe Boulevard, dan D’ Garden Hall dan Resto.

6 Ramadan 1441 H

IMSAK 04:18 WIB

SUBUH 04:28 WIB

TERBIT 05:42 WIB

DUHA 06:09 WIB

ZUHUR 11:44 WIB

ASAR 15:04 WIB

MAGRIB 17:39 WIB

ISYA 18:50 WIB

Sekian informasi dari kami mengenai jadwal Puasa Ramadhan 2020 untuk Wilayah Banyumas, semoga Bermanfaat.

3. Mengenal Kabupaten Kebumen

Kebumen adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan memiliki julukan Kota Santri selain Kebumen Beriman Pasalnya dari banyak memiliki pesantren dan mempunyai sejarah.

Wisata Religi, Makam Syaikh Lemah Lanang di Sumberadi Somalangu Kebumen atau makam Syaikh Kahfi Awwal.

Al Kahfi Somalangu merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia dibangun oleh seorang Sayyid (Keturunan Nabi Muhammad SAW).

Di Somalangu juga merupakan pusat Aliran Thoriqoh Al Mu’tabaroh yang sama dengan Habib Luthfi Pekalongan bernama Thoriqoh Asy Syadziliyah.

Untuk wilayah Kebumen, Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan baratnya berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan kabupaten Cilacap.

Kebumen memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Gua petruk, Gua Jatijajar, Pantai Ayah, Pantai Karang Bolong, Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Menganti, Benteng Van Der Wijk, Waduk Serbaguna Sempor.

Kabupaten Kebumen Memiliki 26 Kecamatan yang diantaranya

Adimulyo, Alian, Ambal, Ayah, Bonoworo, Buayan, Buluspesantren, Gombong, Karanganyar, Karanggayam,

Karangsambung, Kebumen, Klirong, Kutowinangun, Kuwarasan, Mirit, Padureso, Pejagoan, Petanahan,

Poncowarno, Prembun, Puring, Rowokele, Sadang, Sempor, Sruweng

6 Ramadan 1441 H

IMSAK 04: 16 WIB

SUBUH 04:26 WIB

TERBIT 05:40 WIB

DUHA 06:08 WIB

ZUHUR 11:42 WIB

ASAR 15:02 WIB

MAGRIB 17:37 WIB

ISYA 18:48 WIB

Sekian informasi dari kami mengenai jadwal Puasa Ramadhan 2020 untuk Wilayah Kebumen, semoga Bermanfaat.

Baca Juga :   Harga Ayam Tetap Stabil Sebelum dan Setelah Idul Adha

4. Mengenal Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, dimana kabupaten ini terkenal akan Dawet Ayu nya.

Banjarnegara di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kebumen baratnya berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga.

Banjarnegara memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng, Curug Pitu, Bukit Asmara, Situk, Wisata Arung Jeram atau Rafting Sungai Serayu, Gunung Tampomas, Taman Margasatwa Seruling Mas.

Kabupaten Banjarnegara Memiliki 20 Kecamatan yang diantaranya

Banjarmangu, Banjarnegara, Batur, Bawang, Kalibening, Karangkobar, Madukara, Mandiraja, Pagentan, Pagedongan, Pandanarum, Pejawaran, Punggelan, Purwanegara, Purwareja Klampok, Rakit, Sigaluh, Susukan, Wanadadi, Wanayasa.

6 Ramadan 1441 H

IMSAK 04: 16 WIB

SUBUH 04:26 WIB

TERBIT 05:40 WIB

DUHA 06:08 WIB

ZUHUR 11:42 WIB

ASAR 15:02 WIB

MAGRIB 17:37 WIB

ISYA 18:48 WIB

Diatas adalah informasi mengenai Imsakiyah hari ini di Kabupaten Banjarnegara.

5. Mengenal Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga merupakan wilayah yang memiliki sebanyak 18 kecamatan, yaitu diantaranya:

Kemangkon, Bukateja, Kejobong, Pengadegan, Kaligondang, Purbalingga, Kalimanah, Padamara, Kutasari, Bojongsari, Mrebet, Bobotsari, Karangreja, Karangjambu, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang.

Selain memiliki 18 Kecamatan, Purbalingga juga terletak dengan batas wilayahnya di sebelah barat yakni dengan Banyumas. Tepatnya di Kecamatan Padamara dan Kecamatan Kalimanah.

Sedangkan perbatasan di sebelah Timur yakni berbatasan dengan Banjarnegara yang tepatnya di Kecamatan Kaligondang.

Wilayah Utara Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Pemalang, tepatnya di Kecamatan Bojongsari.

Sedangkan wilayah Selatannya, yakni berbatasan Banjarnegara dan juga Banyumas, tepatnya di Kecamatan Kemangkon.

Kota ini cukup unik, pasalnya kota ini dijuluki dengan 2 nama yang memang benar – benar unik, yaitu Kota Wik (Rambut Palsu) dan Kota Knalpot.

Diketahui, Purbalingga adalah kabupaten yang merupakan penghasil wik dan juga knalpot, dan sedang meraba industri potensial lainnya.

Purbalingga memiliki destinasi wisata beragam, ada tempat bermain air atau kolam renang Oabong dan lain-lain. Terdapat juga di purbalingga berbagai wisata yang sifatnya religi (keagaaman). Seperti Masjid Agung Darussalam dan Masjid Laksamana Cheng Ho.

Selain daripada itu, Purbalingga juga tidak kalah dalam malasalah kuliner, adapun kuliner yang dimiliki purbalingga yakni seperti Sroto.

Selain sroto, mendoan di kabupaten ini juga jadi kuliner istimewa seperti daerah di karesidenan banyumas lainnya (Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas).

6 Ramadan 1441 H

IMSAK 04:17 WIB

SUBUH 04:27 WIB

TERBIT 05:41 WIB

DUHA 06:09 WIB

ZUHUR 11:43 WIB

ASAR 15:04 WIB

MAGRIB 17:39 WIB

ISYA 18:49 WIB

Sekian informasi dari kami mengenai jadwal Puasa Ramadhan 2020 untuk Wilayah Purbalingga, semoga Bermanfaat.