Buat Website di WordPress Jangan Gunakan Tema dan Plugin Bajakan atau Nulled Script

ilustrasi tema bajakan atau nulled
ilustrasi tema bajakan atau nulled

Cilacap.info – WordPress adalah salah satu platfrom blogging paling banyak digunakan oleh pegiat website di seluruh dunia. Baik itu Blog Pribadi, Maupun Media Siber atau Online.

WordPress ini adalah Content Management System (CMS) yang paling mudah dioperasikan untuk membuat website. Tema dan Plugin sudah dipersiapkan untuk mendukung keperluan anda dalam blogging sehingga mudah.

Namun, alih alih ingin mempunyai website dengan tema yang cantik begitupun plugin yang diharapkan, tak sedikit orang mendownload Tema dan Plugin Nulled di internet.

Memang plugin dan tema nulled ini bertebaran di internet, bahkan ada juga yang seperti pengembang asli yaitu ada update versi terbaru.

Dari kebanyakan website yang membagikan tema dan plugins gratis memang mengaku jika tema no virus dan malware. Namun ketika di install siap-siap saja website kamu di mesin pencarian sangat banyak sekali terdapat lini dan judul tidak jelas. Seperti Casino, Betting, dll.

Untuk mengecek hal itu, bisa dilakukan dengan mengetikan “site:domain.com” (tanpa tanda kutip). Cek apakah terdapat judul tak jelas, dan itu jika di klik akan menuju ke halaman 404 error.

Jika sudah terkena hal demikian, meski tema dan plugin bajakan sudah dihapus dan diganti, akan tetap saja hal itu ada. Karena sudah terlanjur terindex, hal ini tentunya membuat kita jengkel.

Solusinya, ya menghapus lini tidak jelas itu di webmaster, sukur kalau hanya 100 atau maksimal 1000, jika puluhan ribu lini tidak jelas pasti bikin pusing.

Jika sudah demikan, kamu ganti saja ke tema dan plugin original, dan hapus tema atau plugin bajakan.

Setelah itu kamu bisa gunakan, protect dari Sucuri plugin, atau bisa juga dengan Cloudflare.

Hal itu agar lini-lini tidak jelas yang sudah kamu masukan ke webmaster untuk di remove tidak kembali atau muncul lagi di penelusuran.

Namun, fenomena lini tidak jelas dan judul tidak jelas ini juga bisa terjadi dari SSL gratis yang diinstal di sebuah hosting.

Pasalnya hosting ini banyak sekali, ada yang fiturnya bagus, namun juga rentan virus. Ada hosting yang kurang bagus namun dalam pengamanan sangat bagus, bahkan jika ada kode yang terselip dalam sebuah file .php, seperti dikode Base64 situs atau websitemu akan down otomatis.

Bukan hanya itu, ketika kamu upload Script CMS non WordPress tapi ada kode demikian, upload itu akan berhenti dan terdapat peringatan.

Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 520 Pos