Gempa Berkekuatan 5,9 SR Mengguncang Cilacap

Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi

Cilacap - Gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang Kabupaten Cilacap Sabtu (18/5/2019), pukul 08.51 WIB.

Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan gempa berkekuatan 5,9 SR yang mengguncang Kabupaten Cilacap pada pagi tadi tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

"Gempa yang mengguncang Cilacap hingga dirasakan sampai Banyumas pada Sabtu pagi tadi tidak menimbulkan potensi terjadinya tsunami," kata Teguh Wardoyo.

Lebih lanjut, Gempa tersebut berpusat di 222 KM barat daya Kabupaten Cilacap dengan titik koordinat 9,86 LS dan 108,57 BT, berkedalaman 32 kilometer.

“Pusat gempa berada pada 9,86 lintang selatan dan 108,57 bujur timur dengan kedalaman 32 kilometer serta berjarak 222 kilometer barat daya Cilacap atau 219 kilometer tenggara Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi gempa berada di Samudra Hindia selatan Jawa,” Terang Teguh.

Dari peristiwa ini, maka teguh mengimbau kepada warga untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Selain di Cilacap, guncangan gempa tersebut juga dirasakan hingga Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Sementara dari Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, langsung memantau gempa berkuatan 5,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Cilacap pagi tadi guna memastikan tidak ada dampak yang ditimbulkan karena gempa dan siap siaga melakukan tugas apabila terjadi dampak yang ditimbulkan.

BPBD Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy menyampaikan bahwa pihaknya telah memantau dan hingga pukul 10.00 Wib, pihaknya belum menerima laporan terkait kerusakan atau dampak yang ditimbulkan karena gempa.

“Alhamdulillah sampai saat ini pukul 10.00 WIB, kami belum menerima laporan mengenai kerusakan dan dampak akibat gempa tersebut. Semoga aman dan terkendali, namun kami akan tetap memantau perkembangan pascagempa terutama yang berkaitan dengan kemungkinan adanya kerusakan bangunan akibat gempa," Jelas Tri.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 226 Pos