BMKG Cilacap Ingatkan Gelombang Tinggi hingga Agustus

Ilustrasi Gelombang Tinggi
Ilustrasi Perahu Kecil Terjang Ombak Laut

Cilacap.info — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun BMKG Cilacap melaporkan adanya potensi gelombang tinggi hingga bulan Agustus nanti.

Kelompok Teknisi dari Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan. Potensi gelombang tinggi di selatan Jawa Tengah dan DIY itu merupakan faktor dari pengaruh angin timuran yang masih kuat.

“Faktor angin timuran yang kuat ini akan terjadi hingga satu bulan kedepan yakni Agustus. Faktor ini dapat memicu gelombang tinggi di perairan atau pesisir pantai selatan Jateng dan DIY serta Samudra Hindia,” Kata Teguh.

Teguh menerangkan, bahwasanya kondisi angin timuran tersebut dipengaruhi oleh sebab adanya pola tekanan rendah yang berpusat di Samudra Pasifik utara Papua. Kondisi itu disertai dengan pola angin yang melaju dari selatan ekuator ke arah timur dan selatan. Pola angin tersebut diperkirakan mencapai kecepatan 4 s/d 25 knot.

“Dengan pola angin seperti ini, dapat memicu gelombang tinggi di selatan jateng dan DIY. Tinggi gelombang bisa mencapai ketinggian 2,5 s/d 4 meter,” Terangnya.

Adanya pengaruh angin timuran yang menyebabkan gelombang tinggi di pesisir laut selatan jawa tengah dan DIY itu, maka Ia menghimbau kepada masyarakat dan Nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil untuk waspada.

“Tinggi gelombang diatas 1,25 meter dengan frekuensi Kecepatan angin diatas 15 knot sangat berbahaya. Terlebih bagi para nelayan yang menggunakan perahu kecil, dapat berakibat kapal yang digunakan untuk melaut terbalik. Maka kami menghimbau kepada nelayan tradisional untuk tidak melaut sementara waktu,” Kata Teguh.

Selain kapal kecil, operator tongkang juga dihimbau untuk mewaspadai adanya angin berkecepatan diatas 16 knot dengan tinggi gelombang diatas 1,5 meter. Serta Kapal feri untuk mewaspadai tinggi gelombang diatas 2,5 meter dengan frekuensi kecapatan angin diatas 21 knot.

Sedangkan untuk kapal berukuran besar yakni sekira kapal kargo dan pesiar untuk mewaspadai frekuensi kecepatan angin 27 knot lebih dengan tinggi gelombang diatas 4 meter.

Dihantam Gelombang Tinggi Sebabkan 1 Nelayan Cilacap Hilang

Baru-baru ini, 1 nelayan hilang usai menabrak ombak guna mencapai tengah-tengah laut di sekitar wilayah perairan pantai Lengkong, Cilacap Utara.

Perahu yang membawa 3 nelayan tersebut terbalik dengan 2 dari ketiga nelayan berhasil selamat dengan berenang hingga ke tepi pantai. Sementara 1 nelayan lainnya hilang dan masih dalam pencarian.

Manfaat Life Jacket untuk Nelayan

Life Jacket merupakan rompi yang berisikan udara atau angin. Rompi tersebut sangat bermanfaat bagi para nelayan dan hal ini adalah langkah safety (keamanan) pada saat melakukan aktivitas melaut.

Gelombang tinggi saat ini kerap kali terjadi, Life Jacket ini tentunya bisa dimanfaatkan nelayan sebagai pertolongan pertama apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cilacap.info sedang tidak melakukan promosi. Kami menilai hal ini adalah langkah untuk memberikan informasi yang positif sesuai nama domain yang kami miliki yakni Cilacap.info.

Cilacap.info adalah bagian dari warga yang sepatutnya mengetahui kondisi masyarakat sekitar cilacap. Kami menilai banyak para nelayan tidak memperdulikan himbauan disamping itu karena faktor Mata Pencaharian melaut bisa memenuhi kebutuhan.

Maka dari ini Life Jacket adalah langkah aman dan tepat. Selain sebagai rompi juga bisa jadi pelampung.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 349 Pos