Sempat Bersitegang, Nelayan Cilacap dan Pangandaran kini Akur Usai di Mediasi

laguna segara anakan wikipedia
laguna segara anakan wikipedia

Cilacap.info – Sebelumnya nelayan di laguna segara anakan dari 2 daerah, yaitu Cilacap dan Pangandaran bersitegang.

Polemik diantara 2 nelayan dari Pangandaran Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah itu karena kesalahpahaman. Kejadian masalah perseteruan tersebut terjadi karena sebuah jaring.

Nelayan Cilacap yang memasang jaring di perairan laguna segara anakan atau dekat Nusakambangan tepatnya di daerah Klaces Kampung Laut menduga jaringnya putus karena ulah nelayan asal Pangandaran.

Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran, Mohammad Yusuf mengatakan. Kejadian tersebut adalah salah paham yang bermula dari sebuah jaring yang putus.

“Melihat jaringnya Putus, Nelayan Cilacap menduga hal itu dilakukan oleh Nelayan Pangandaran yang saat itu juga sedang melaut didekat jaring nelayan cilacap. Kemudian nelayan Cilacap tak memperbolehkan nelayan asal pangandaran untuk melaut ke perairan Nusakambangan. Namun ketika air mulai surut, jaring nelayan asal Cilacap terlihat.” Katanya beberapa waktu lalu.

Melihat perseteruan tersebut pihak dari HNSI Pangandaran segera menghubungi HNSI Cilacap untuk melakukan upaya guna mendamaikan 2 nelayan dari Cilacap dan juga Pangandaran.

“Sebetulnya masalah sudah selesai ketika jaring tersebut ketemu dan terlihat saat air surut. Namun karena banyaknya nelayan, dikhawatirkan memicu konflik sosial maka kami menghubungi HNSI Cilacap.” Imbuhnya.

Baru, hari Rabu 11 september 2019, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Cilacap memfasilitasi pertemuan antara nelayan Cilacap dan nelayan Pangandaran guna mendamaikan keduanya.

Pertemuan tersebut bertempat di aula kantor DKP Cilacap. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh BKSDA Jateng, PSDKP Jabar, DKPKP Pangandaran, Kepala DKP Cilacap, Polair, Lanal, Ketua HNSI Cilacap, HNSI Pangandaran dan perwakilan nelayan. Dalam acara tersebut terdapat MoU dan 14 Poin Kesepakatan.

Masih menurut Wakil Ketua HNSI Pangandaran Mohammad Yusuf usai pertemuan tersebut. “Harapannya dari pertemuan ini, Kedua nelayan baik dari Cilacap dan juga dari Pangandaran akur dan saling menjaga persaudaraan serta rasa gotong royong sesama nelayan.” Ucapnya.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 309 Pos