Semburan Lumpur 8 Meter Gegerkan Kroya Cilacap

semburan lumpur gegerkan kroya cilacap
semburan lumpur gegerkan kroya cilacap

Cilacap.info — Semburan lumpur setinggi 8 meter membuat geger warga di Dusun Gumarang, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.

Akibat semburan lumpur tersebut, para pekerja yang melakukan pengeboran tanah dibuat panik.

Bagaimana tidak membuat pekerja pengeboran panik. Sedang di bor dan sudah berada sekitar 26 Meter, tiba-tiba saja lumpur meluncur dengan sangat cepat hingga mencapai ketinggian 8 meter dari tanah.

Melihat fenomena yang tidak biasanya itu, pekerja pada akhirnya menghentikan aktifitas mengebornya dan melaporkan kejadian tersebut ke desa.

Camat Kecamatan Kroya Cilacap Drs. M. Najib menjelaskan. Pengeboran di Dusun Gumarang Desa Sikampuh merupakan inisiatif dari warga sekitar. Pasalnya memasuki musim kemarau seperti ini, kondisi sawah milik masyarakat tentunya kering dan memerlukan air.

“Jadi, dari laporan yang diperoleh melalui perangkat desa setempat, bahwasanya pengeboran ini dilakukan warga untuk mengairi sawah,” Jelas Camat pada Minggu,(14/07/2019).

Belum diketahui secara pasti mengapa terjadi semburan lumpur dari bawah tanah tersebut. Namun M. Najib mengatakan. Hingga Minggu fenomena lumpur yang menyembur dari bawah tanah sudah tidak terjadi lagi. Akan tetapi suara gemuruh dari bawah tanah masih terdengar.

“Pada hari ini, fenomena lumpur yang menyembur di areal persawahan itu sudah tidak terjadi lagi. Namun suara gemuruh dari bawah tanah masih terdengar. Sehingga hal tersebut membuat warga menjadi khawatir,” Kata Camat.

Dari kejadian itu, M. Najib juga mengatakan, bahwa akan berkordinasi dengan Bupati Cilacap dan dinas terkait. Ia juga menghimbau kepada warganya supaya tetap tenang menanggapi fenomena yang terjadi.

“Kami akan berkordinasi dengan Bapak Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dan dinas terkait. Untuk warga, kami telah memberikan himbauan untuk tetap tenang menanggapi fenomena yang terjadi,” Imbuh Camat Kroya Cilacap.


Penulis : huda
Editor : bayu
Jumlah Artikel 70 Pos