Libur Lebaran Teluk Penyu Banjir Sampah

Teluk Penyu 2 Muddasir
Teluk Penyu 2 Muddasir

Cilacap — Moment berwisata di waktu Liburan Lebaran Hari Raya Idhul Fitri tidak disia-siakan oleh warga Masyarakat.

Berbagai Destinasi yang ada di kota ini tidak luput dari serbuan pengunjung uang datang dari dalam maupun luar kabupaten Cilacap seperti dari Purbalingga, Kebumen. Salahsatunya yakni Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem yang memiliki sejarah.

Baru memasuki area pantai tersebut. Sudah dijumpai sampah berserakan sejauh mata memandang yang membuat masyarakat dan personil gabungan (relawan) melakukan aksi bersih-bersih.

Sampah selain bisa menimbulkan lingkungan tercemar juga tidak dapat diuraikan seperti halnya sampah berjenis Plastik.

Munculnya sampah-sampah yang dibuang secara sembarangan oleh para pengunjung itu membuat tidak elok dan tidak sedap untuk dipandang.

Maka puluhan tim gabungan dari Paguyuban Pedagang Benteng Pendem dikerahkaan. Diikuti juga oleh Gerakan Anti Sampah beserta warga. Mereka melakukan aksi bersih-bersih sampah plastik di pinggiran pantai Teluk Penyu sejak Sabtu (8/6) kemarin.

Terkait fenomena sampah tersebut. Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Benteng Pendem, Sudiarto, merasa prihatin.

“Kita memungut sampah-sampah plastik dimulai dari monumen Teluk Penyu sampai menara Teluk Penyu. Selanjutnya sampah yang telah dikumpulkam itu, diangkut oleh truk sampah. Ada sebanyak tiga truk tadi yang membawa,” kata Sudiarto.

Dia menilai fenomena sampah selain bisa menganggu penikmat pantai juga dapat merusak ekosistem. Sudarto berharap kepada pihak pengelola pantai agar bisa fokus pada kebersihan dan mengingatkan para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan..

“Padahal, Dulu itu ada truk-truk pengangkut sampah dan juga Tosa. Namun sekarang hanya ada truk sampahnya saja, sedangkan tosanya tidak ada. Kalau tosa juga masih ada kan lebih efektif untuk bersih-bersih. Bisa ke sela-sela yang tidak terjamah. Harapannya kedepan semoga pengelola bisa fokus pada kebersihan pantai,” Ungkap Sudiarto.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 352 Pos