Ketua FKUB Cilacap : Kebaikan adalah Tuntunan Kemanusiaan

smp yos sudarso majenang cilacap gelar pesta dalam rangka hut imamat ke 50 pastor romo carolus
smp yos sudarso majenang cilacap gelar pesta dalam rangka hut imamat ke 50 pastor romo carolus

Cilacap.info – Para Guru dan Murid SMP Yos Sudarso Majenang Gelar Aksi di Jalan ada apa?. Ternyata mereka tengah melakukan aksi untuk memberikan ucapan selamat, dalam hal ini perayaan imamat Pastor Romo Carolus ke-50. Sabtu (9/11).

Pada hari sebelumnya, Jum’at 8 November 2019 bertempat di Akademi Maritim Nusantara, Cilacap, diadakan pengajian dengan jamaahnya adalah karyawan Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS). Sedangkan umat Katolik pada saat yang sama menggelar perayaan ekaristi di Kapel Santa Eugenius De Mazenod.

Dalam acara tersebut juga ada tarian, hadroh dan sholawat serta juga ramah tamah.

Sebagai pengisi pengajian pada Jum’at malam itu adalah Kiai Haji Ahmed Shoim El Amin, LC. M.H., yang juga selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap.

Dalam isi pengajian itu, Ketua FKUB Kabupaten Cilacap menekankan nilai kemanusiaan. Ia juga menyampaikan untaian kata seperti yang pernah dikatakan oleh Almaghfurlah Kiai Haji Abdurrahman Wahid (Gusdur).

“Kalau kita berbuat baik dengan orang lain, orang tidak akan mengatakan agamamu apa, melainkan orang akan mengatakan, bahwa kita adalah orang baik.” Ucap Gus Shoim.

Masih dikatakan Gus Shoim, bahwa hal itu juga ada pada Romo Carolus, dimana atas jasa dan kebaikannya banyak orang terbantu. Yakni melalui Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS).

Diketahui dari YSBS ini melahirkan sebuah lembaga pendidikan, dan juga YSBS mempekerjakan karyawan yang tidak hanya dari kristen, bahkan yang islam juga ada.

“Jadi Kebaikan adalah tuntunan manusia yang mewujudkan kesadaran akan kemanusiaan.” Kata Gus Shoim.

Romo Carolus mengungkapkan sangat senang bisa berkarya bersama masyarakat, karena hal itu bisa membuat dunia ini lebih enak dipandang.

Selain itu ia pun berharap agar masyarakat menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam bernegara. “Sehingga bangsa ini dapat hidup rukun penuh persatuan dan kesatuan dan hidup dengan damai juga sejahtera.” Ungkap Romo Carolus.

Sepenggal Kisah Romo Carolus

Pada 15 Oktober 2019, Ingat News juga pernah mempublish tentang Pastur bernama Romo Carolus.

Saat itu dalam rangkaian HUT gereja Paroki yang ke-9 bertenpat di Gereja Katolik Stephanus Cilacap. Kala itu Banser Cilacap Selatan dengan Gusdurian Cilacap membawakan tumpeng ke gereja tersebut.

Baca Juga : Gudurian dan Banser Cilacap Ajarkan Cinta Kasih dengan Bawa Tumpeng ke Gereja

Romo Carolus yang berwajah bule itu memiliki nama lengkap Charles Patrick Burrows (76), ia juga diketahui memiliki nama indonesia yaitu Carolus Padat Karyono.

Pendata berwajah bule itu memang asal Dublin, Irlandia yang datang ke indonesia 46 tahun yang lalu tepatnya tahun 1973. Saat itu ia yang disapa dengan Romo Carolus itu menjajaki kakinya ke Kampung Laut dan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

10 tahun kemudian yaikni tahun 1983, Romo Carolus kemudian mengganti status sebaga WNI (Warga Negara Indonesia). Sejak itu kemudian romo tersebut mendirikan sebuha yayasan sosial bernama Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS).

Melalui yayasan itu, kini terlahir 25 sekolah-sekolah baik mulai TK, SD, SMP, serya SMA. Ia juga membangun sekolah yang diperintukan untuk anak-anak berkebutuhan khusus diwilayah Cilacap.

Antara lain di Kabupaten Cilacap yakni di Kecamatan Kampung Laut, Kecamatan Majenang, Kecamatan Sidaeraja, Kecamatan Kawunganten. Serta di Sokaraja Kabupaten Banyumas dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY (.

Banyak Warga Mengatakan Romo Carolus Baik

Banyak dari warga masyarakat yang mengatakan bahwa pastor romo carolus ini adalah orang yang baik dan dermawan.

Hal itu diucapkan tidak hanya dari kalangan non muslim atau dari umat kristiani itu sendiri, namun yang beragama islam juga demikian.

Bahkan romo carolus itu meski seorang pastor kristian, namun dia tidak pernah memaksa anak-anak yang sekolah di yayasannya untuk mengikuti keyakinannya. Akan tetapi tetap mengikuti keyakinan yang dianutnya dan sesuai agama orangtuanya.


Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 325 Pos