Imbauan Bupati Banjarnegara Pangkas Pohon Guna Antisipasi Angin Kencang

cilacap info featured
cilacap info featured

Banjarnegara, CILACAP.INFO – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengimbau seluruh pihak terkait untuk melakukan pemangkasan pohon secara berkala. Hal ini guna mengantisipasi kejadian angin kencang.

“Pemangkasan pohon perlu dilakukan secara berkala demi keamanan warga dan pengguna jalan.” katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (5).

Hal tersebut disampaikan bupati menyusul mulai tingginya curah hujan di wilayah setempat sejak beberapa hari terakhir.

“Untuk mendukung program pemangkasan pohon secara berkala, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Banjarnegara telah mendapat fasilitas kerja baru berupa crane yang representatif.” katanya.

Bupati menjelaskan, alat keluaran terbaru tersebut mampu menjangkau ketinggian hingga 14 meter.

“Alat tersebut akan kita gunakan untuk pemangkasan pohon-pohon agar tidak membahayakan warga dan pengguna jalan. Selain itu untuk memangkas dahan pohon yang menempel ke atap rumah atau aliran listrik.” katanya.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya mitigasi bencana khususnya saat memasuki musim hujan.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mengimbau. Supaya warga di wilayah setempat untuk mewaspadai angin kencang khususnya yang berada di wilayah dataran tinggi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana mengatakan, tim BPBD Banjarnegara terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian angin kencang.

Warga juga diminta memangkas ranting pohon yang berdekatan dengan rumah atau tiang listrik guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Pohon yang rawan tumbang, kata dia, biasanya dengan ketinggian di atas 10 meter dan sudah berusia tua yang ditandai dengan batang yang mulai keropos.*

Sumber: Antara

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait