Geger, ada Buaya Muara Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Cilacap

buaya mati terjerat jaring nelayan berhasil di evakuasi
buaya mati terjerat jaring nelayan berhasil di evakuasi

Cilacap.info — Seekor Buaya Muara ditemukan mati di Laguna Segara Anakan, Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah. Minggu (4/8/2019) pagi.

Kepala Satuan Polisi Air Cilacap, Ajun Komisaris Polisi Huda Syafii, mengatakan. Buaya Muara yang di temukan mati itu, pertama kali di ketahui oleh Daryanto warga RT 2 RW 6, Desa Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah.

“Buaya Muara ini, pertama kali di ketahui oleh Nelayan bernama Daryanto sekitar Jam 05.00 WIB,” Kata Kasatpolair.

Huda menjelaskan. Pagi itu Daryanto berniat akan menarik jaring apung yang di pasangnya, namun saat ditarik tidak seperti biasanya, kali ini jaringnya terasa sangat berat. Lalu Daryanto memanggil temannya untuk di mintai bantuan mengangkat jaring miliknya. Tapi, saat di angkat terlihat bahwa tangkapannya itu tak wajar. Mereka Terkejut, karena tangkapannya adalah buaya

“Rupanya yang mereka tangkap itu adalah buaya. Namun tidak bergerak dan sudah dalam keadaan mati, maka buaya tersebut mereka seret ke dermaga terdekat,” Jelasnya.

Kasatpolair Akp Huda memperkirakan panjang dari buaya yang mati itu, diperkirakan sekitar 3-4 meter dengan berat diperkirakan 300-400 kilogram.

“Panjangnya diperkirakan ada 3 sampai 4 meteran. Kalau bobotnya ada 300-400 kilogram-an,” Ujarnya.

Bangkai buaya tersebut kemudian di evakuasi oleh Satpol Air bersama tim dari BKSDA Cilacap dengan kapal patroli milik Satpol Air Cilacap.

Akan tetapi karena buaya itu sangat berat, maka untuk menaikannya ke kapal patroli di bantu oleh para nelayan.

“Menaikannya dibantu para nelayan karena buaya tersebut cukup berat. Begitu juga saat sampai Dermaga Sleko, kami dibantu sejumlah nelayan setempat,” kata huda.

Buaya yang telah dievakuasi itu kemudian akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi  Wilayah II Cilacap.

“Buaya itu diserahkan ke BKSDA guna keperluan indentifikasi dan penelitian,” Imbuh huda.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 349 Pos