Di Cilacap Kambing Pun di Salonin

ilustrasi kambing gaul
ilustrasi kambing gaul

Cilacap.info — Menjelang hari raya kurban, perawatan kambing adalah cara untuk meningkatkan harga penjualan.

Berbagai perawatan dilakukan agar kambing-kambing yang akan dijadikan kurban itu tampak menarik, bersih dan terkesan sehat. Salahsatunya adalah dengan membersihkan si kambing itu.

Berbicara mengenai membersihkan kambing, di Cilacap juga ada Jasa Salon Kambing. Salon itu bisa dijumpai di Pasar Majenang dan juga Pasar Kambing Karangpucung.

Salon itu buka dua kali di Majenang dan dua kali di Karangpucung dalam sepekan. Pemiliknya adalah Minarjo (60) warga Cileumeuh Kecamatan Cimanggu Cilacap.

Minarjo mengatakan, kambing-kambing yang ia bersihkan di salonnya itu bisa naik harga dan lebih mahal daripada yang belum di bersihkan.

"Harga kambing setelah dibersihkan bisa naik, naiknya Rp. 200.000,- hingga bisa Rp. 500.000,- keatas," Katanya.

Untuk harga layanan perawatan seperti pembersihan kuku, bulu, dan tanduk, ia pun hanya mengenakan tarif Rp. 30.000,- per kambingnya. Tapi jika creambath harganya tarifnya adalah Rp. 100.000,-.

"Untuk Creambath tarifnya seratus ribu per kambing, namun jasa ini, hanya saya lakukan dirumah di Cileumeuh," Ungkap Minarjo.

Meski dalam sepekan membuka salon hanya 4 kali dan pada jam 06.00 sampai dengan 12.00, Minarjo selalu kedatangan pelanggan. 20 hingga 30 ekor kambing dirawatnya setiap kali ia membuka salon.

Bahkan Minarjo mengungkapkan, meski buka 6 jam tapi ia mengaku bisa memperoleh Rp. 900.000,- dalam setiap kali buka.

Minarjo yang juga menyediakan jasa perawatan vaksin dan juga memperpanjang tanduk agar tampak gagah, ketika waktu menjelang Lebaran Idhul Adha tiba ia enggan untuk melayani jasa tambal tanduk.

"Soalnya, Jika kambing untuk kurban itu kan harus sempurna," Ungkap Minarjo.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 210 Pos