Dampak Cuaca Ekstrem Membuat Tempat Pelelangan Ikan Sepi

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Cuaca Ekstrem yang melanda Pesisir Selatan membuat Aktivitas di tempat pelelangan ikan (TPI) Pandanarang Teluk Penyu Cilacap menjadi sepi.

Cuaca Ekstrem yang tengah melanda perairan selatan jawa yakni tingginya gelombang air laut disertai angin kencang di Samudra Hindia.

Pengelola TPI Pandanarang Tarmuji menceritakan. TPI Pandanarang yang dikelolanya sepi semenjak 4 bulan terakhir. Hal itu disebabkan oleh faktor Tingginya Gelombang air laut di sertai angin kencang.

“Dari 200 orang yang tergabung dalam kelompok Nelayan Pandanarang, hanya sekitar 5 kapal yang di operasikan, itupun hanya di sekitar teluk Penyu dan NUSAKAMBANGAN” Kata Tarmuji Selasa ( 6/8/2019).

Tarmuji melanjutkan. Para nelayan takut jika melaut, sebab gelombang tinggi bisa menyebabkan kecelakaan dan bisa membuat perahu yang dioperasikan para nelayan terbalik.

“Imbasnya, kami hanya bisa melakukan tiga pelelangan, itupun dalam kurun waktu empat bulan dan tidak sampai 100 kilogram. Apabila nelayan masuk TPI dengan perolehan ikan 3 sampai 4 kilogram, itu masuknya pada tengkulak,” Jelasnya.

Tarmuji menerangkan, selain faktor cuaca ekstrem juga disebabkan harga ikan naik cukup tinggi.

“Seperti ikan layur saja harganya naik hingga Rp. 20.000,- perkilogram, udang juga harganya naik berkisar Rp. 30.000,- perkilogramnya,” ungkap Tarmuji.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait