Ada Rusa Liar Masuk Rumah Warga di Bolang Dayeuhluhur

bolang dayeuhluhur asri
bolang dayeuhluhur asri

Cilacap.info – Seekor rusa liar mengamuk di rumah warga di Desa Bolang, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah. Rabu (6/11/2019).

Kejadian tersebut lantas membuat geger warga sekitar, ternyata di Dayeuhluhur masih terdapat hewan liar seperti rusa.

Tidak hanya warga sekitar, bahkan Masyarakat di Cilacap akan terheran-heran dengan kemunculan rusa liar tersebut.

Diketahui, wilayah di Cilacap Bagian Barat memang merupakan daerah pegunungan dan perbukitan. Dimana, masih terdapat pepohonan besar.

Bukti, di Cilacap bagian barat terdapat hewan liar yang dijumpai warga, yakni seperti yang dikatakan Sadun (27) warga asal Malabar, Kecamatan Wanareja Cilacap. Ia mengaku kala hendak pulang ke malabar sedari Wanareja dengan istrinya, bahwa menjumpai hewan seperti kucing besar menyeberang jalan dengan cepat.

“Ketika pulang, saya melihat ada seperti macan melintas di jalan di dusun cimbe, malabar, wanareja.” Kata dia beberapa waktu lalu.

Kemunculan hewan liar yang dilihatnya, ada kemungkinan macan tutul. Bukti lain dari adanya macan tutul yakni seperti cerita dari masyarakat di desa limbangan yang dekat dengan malabar. Bahwa dahulu pernah ada seekor macan terjerat perangkap warga di Limbangan.

Kemunculan Rusa di Dayeuhluhur Cilacap

Masih terkait hewan liar seperti kambing alias rusa yang muncul di desa Bolang Dayeuhluhur Cilacap.

Kemunculan hewan liar di wilayah Cilacap ini menunjukan bukti, bahwa masih banyak hewan liar di Cilacap seperti di Cilacap bagian Barat yang merupakan perbukitan.

Salah satu pemilik rumah yang terkena amukan rusa di Dayeuhluhur adalah Jono. Kejadian itu terjadi Pagi sekira pukul 09.00 WIB, saat pulang kerumahnya, dirinya dikejutkan dengan kemunculan seekor rusa.

Bahkan jono merasa keheranan dengan masuknya rusa tersebut, pasalnya rumahnya terkunci, ia pun menduga jika rusa tersebut masuk dengan menabrak kaca rumahnya. “Sepertinya, rusa tersebut masuk dengan menabrak kaca rumah.” Ujar Jono.

Pemilik rumah mengaku kesulitan saat menggiring rusa tersebut dari rumahnya, sehingga ia meminta bantuan tetangga. “Usai meminta bantuan tetangga, barulah akhirnya rusa ini bisa keluar dan berlari ke hutan.” Kata jono.

Jono mengungkapkan, bahwa rusa yang masuk kerumahnya itu sehat dan gemuk. “Rusanya sehat dan gemuk.” Ungkapnya.

Fenomena adanya hewan liar masuk pemukiman warga tersebut lantas menjadi perhatian kepala desa setempat, Rukman.

Ia mengimbau pada warga, jika melihat rusa lagi maka jangan dibunuh dan jika melihat adanya hewan liar, ia memerintahkan untuk melapor ke pemdes.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 368 Pos