Petani Milenial Cilacap Kian Banyak

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Geliat usaha tani para petani muda atau milenial di Kabupaten Cilacap semakin nampak. Beberapa di antaranya sudah banyak yang menerjuni usaha sektor pertanian.

Misalnya Muhtarom petani milenial asal Kecamatan Kroya telah menerjuni usaha budidaya padi hibrida. Slamet Budiarto (Cilacap Tengah) Budidaya Hortikultura. Nasihin (Dayeuhluhur) Budidaya Cabe. Malikul Mulki (Dayeuh Luhur) Pembudidaya Domba Dayeuhluhur. Nur Habibi (Nusawungu) Budidaya Perkutur Hias. Nanang Prajoko (Karangpucung) Usaha Pupuk Organik serta yang lainnya.

Mereka berantusias mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis peningkatan kualitas petani Indonesia. Mereka juga digadang menjadi soko guru cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan pada tahun 2045. Pelatihan dan bimbingan teknis dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan menggandeng Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma).

Ketua Bimbingan Teknis Polbangtan Yoma, Budi Wijayanto menjelaskan. Sejumlah materi disampaikan pada petani yang masih berusia muda tersebut. Seperti kebijakan pembangunan SDM pertanian Kabupaten Cilacap, kewirausahaan, dinamika dan penguatan kelompok, pemasaran online.

Termasuk digitalisasi pertanian, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian produksi tanaman pangan. “Harapanya tak hanya menjadi petani yang biasa-biasa saja sekadar menanam tanaman. Tapi harus memiliki kemampuan kewirausahaan dan pemasaran online,” kata Budi Wijayanto, Rabu (14/8).

Pelatihan di Cilacap akan diadakan dalam dua tahap dan pesertanya petani dari beberapa kecamatan yang telah dibagi. Yakni tanggal 13-14 Agustus dan 21-22 Agustus. Tindak lanjut dari bimbingan teknis, lanjutnya, adalah pembentukan kelompok usaha bersama untuk melakukan usaha tani modern yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Dengan begitu diharapkan akan berdampak pada peningkatan kapasitas petani milenial menjadi berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis.

Andiyanta, SP salah satu nara sumber dalam kesempatan Bintek tersebut memberikan motivasi bagi petani milenial sekaligus memfasilitasi pembentukan kelompok serta rencana usaha bersama.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait