Mahasiswa Unsoed Purwokerto Banyumas Fakultas Peternakan Masuk Karantina Cilacap

mahasiswa unsoed purwokerto banyumas fakultas peternakan masuk karantina cilacap
mahasiswa unsoed purwokerto banyumas fakultas peternakan masuk karantina cilacap

Cilacap.info – Untuk menambah pengetahuan Bidang Peternakan Mahasiswa Fapet Unsoed melaksanakan kegiatan praktikum. Mahasiswa Fapet Unsoed dalam perkuliahan tidak hanya dibekali dengan teori, pada Fakultas eksakta lebih mengedepankan praktik dari pada teori.

Kegiatan diluar teori, selalu berlangsung disetiap semester dengan jadwal masing-masing matakuliah dan dilaksanakan sesuai dengan mata kuliah pada setiap laboratorium. Untuk laboratorium di Fapet Unsoed terdiri dari 13 Laboratorium yang terbagi menjadi 4 Bagian Bidang ilmu yang diketuai oleh Ketua Bagian.

Mahasiswa Semester V pada hari Kamis, 14/11/2019 melaksanakan kegiatan praktikum di Stasiun karantina Pertanian Cilacap Kelas I, kegiatan praktikum mata kuliah Industri Feedlot yang terdiri dari 66 mahasiswa.

Rombongan mahasiswa tiba di Stasiun Karantina pada pukul 14.30 WIB dan disambut oleh wakil Kepala Stasiun Karantina. Untuk dosen pengampu mata kuliah Industri Feedlot yang bertanggung jawab pada kegiatan tersebut terdiri dari 3 dosen, Ir. Agus Priyono, MP, Ir. Pambudi Yuwono, M.Sc dan Imbang Haryanto, S.Pt, MP.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya praktikum di Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap. Yaitu adalah “untuk menambah wawasan dan ilmu tentang proses penanganan hewan. Baik dari cek kesehatan, perlakuan terhadap hewan serta penanganan – penanganan hewan agar aman untuk di adopsi oleh peternak. Tidak hanya itu, proses dan prosedur perizinan untuk bisa impor hewan ternak dari luar negeri.” ungkap Imbang Haryoko, S.Pt,MP (Penanggung Jawab Parktikum Industri Feedlot) dilansir dari laman resmi Unsoed.

Pada proses kegiatan mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing dipandu oleh petugas dari lembaga tersebut. Para petugas Stasiun Karantina begitu ramah menyambut dan memberikan ilmu pengetahuannya terkait tugas, fungsi dan tujuan Stasiun Karantina Kelas I tersebut.

Tampak mahasiswa Fapet begitu antusias memperhatikan para Petugas Karantina Pertanian Cilacap memberikan penjelasan. Baik sejarah karantina pertanian, alur tindakan karantina, fasilitas-fasilitas yang dimilliki oleh IKH dan ilmu tentang karantina Pertanian lainnya. Petugas yang mendampingi darih. Agus Wasana mengenalkan salah satunya adalah alat Incinerator.

Masing-masing kelompok mahasiswa di ajak keliling sekitar Stasiun Karantina untuk diberi penjelasan masing-masing tempat. Yaitu pada proses perlakuan hewan ternak yang baru masuk dari luar negeri untuk diberikan perlakuan khusus. Baik dari bagaimana memelihara hewan agar tidak stress setelah perjalanan yang menggunakan kapal laut yang baru masuk dari luar negeri.

Bagaimana cara memberi tanda pada hewan ternak yang berjumlah ratusan ekor untuk diberikan vaksin, dicek kesehatan hewannya. Apakah aman dari penyakit yang membahayakan hewan ternak lainnya. Mahasiswa juga diajak melihat ruang atau tempat pemusnahan hewan yang terjangkit penyakit menular.

Cuaca di sekitar Stasiun Karantina sedang hujan akan tetapi tidak menyurutkan semangat mahasiswa Fapet untuk mengikuti kegiatan tersebut. Begitupun dengan para petugas dari lembaga tersebut yang selalu siap membantu dan mendukung kegiatan praktikum di Stasiun Karantina Pertanian Cilacap.

Diharapkan mahasiswa Fapet mendapatkan ilmu dari kegiatan tersebut dan kegiatan ini untuk selanjutnya dapat lebih ditingkatkan untuk kemajuan Fakultas Peternakan UNSOED. (*)

Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 405 Pos
Loading...