Kontes dan Expo Ternak Bupati Cilacap Cup 2019

bupati cilacap menyerahkan trofi juara piala bupati cup 2019
bupati cilacap menyerahkan trofi juara piala bupati cup 2019

Cilacap.info – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian menyelenggarakan Kontes dan Expo Ternak “Bupati Cup” tahun 2019. Kegiatan ini Untuk menumbuhkan minat masyarakat berinvestasi dibidang peternakan, khususnya dalam usaha pembibitan ternak kambing dan domba. Acara ini digelar di lapangan Krida Bangga Mbangun Desa Cilacap Selatan. Acara berlangsung selama 2 hari sejak Sabtu hingga Minggu (19/10).

Kegiatan diikuti oleh peternak kambing dan domba se-Kabupaten Cilacap, para pelaku usaha terkait bidang peternakan dan juga komunitas kicau mania. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan muncul ternak lokal sebagai potensi unggulan dan juga sebagai upaya pelestarian satwa Indonesia.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Cilacap H. Tato Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Assisten Administrasi Sekda U’ong Suparno. Juga Kepala Dinas Peternakan Supriyanto, para pimpinan BUMN, BUMD dan swasta, pengurus Asosiasi Ternak dan Komunitas Pecinta Hewan di Kabupaten Cilacap.

Supriyanto dalam laporannya mengatakan bahwa. Kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan bhakti peternakan yang jatuh pada bulan September setiap tahunnya. Selain sebagai ajang promosi peternakan, kegiatan ini juga memberikan apresiasi kepada para peternak pembibit yang berprestasi. Agar menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif.

“Memotivasi peternak khususnya peternak kambing dan domba untuk memproduksi bibit yang berkualitas. Selain itu dapat menyediakan bibit pengganti bagi indukan yang sudah tidak produktif secara swadaya.” kata Supriyanto.

Kontes dan Expo Ternak Bupati Cilacap Cup dapat meningkatkan Bibit ternak unggulan

Bupati Cilacap dalam sambutannya mengatakan bahwa. Kabupaten Cilacap juga memiliki bibit-bibit ternak unggulan. Di wilayah Kecamatan Karangpucung dan sekitarnya terdapat sentra ternak kambing Jawa Randu. Selain itu mulai dikembangkan pula ternak Kambing jenis Sapera yaitu kambing hasil persilangan Saanen dan Peranakan Etawa.

“Saya yakin, potensi tersebut belum dikenal luas oleh masyarakat. Untuk itu, melalui kegiatan ini potensi tersebut dapat diperkenalkan dan dikembangkan. Serta kita lestarikan agar tidak punah, atau agar tidak diklaim menjadi ikon dari daerah lain.” kata Bupati.

Bupati berharap melalui kontes ternak ini diharapkan dapat memotivasi para peternak khususnya peternak kambing. Untuk beternak secara lebih profesional, menggunakan bibit-bibit unggul dan produktif sehingga akan didapat ternak yang berkualitas.

“Disisi lain, melalui kontes ternak ini diharapkan juga dapat mendongkrak harga ternak di pasaran. Yakni dalam rangka meningkatkan taraf hidup para peternak kita.” lanjut Bupati.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor peternakan. Pemkab Cilacap berharap BUMN, BUMD, perbankan dan perusahaan swasta dapat menyalurkan dana CSRnya. Yakni antara lain melalui budidaya ternak yang dilaksanakan melalui kelompok tani ternak.

“Saya yakin dengan kebersamaan dan sinergitas kita dalam pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Cilacap. Agar potensi ternak kita akan semakin berkembang dengan pesat.” pungkasnya.

Pada kegiatan Kontes Dan Expo Ternak Bupati Cilacap Cup Tahun 2019 ini juga dilaksanakan Kontes Kicau Mania sebagai wadah bagi masyarakat yang mempunyai hobi memelihara burung. Ada pula Penyuluhan Peternakan dan Kesehatan Hewan, pelayanan konsultasi dan pengobatan ternak, serta pameran produk peternakan dan pameran peternakan. (*)


Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 325 Pos