Kemenko Bidang Kemaritiman Tanam Mangrove di Cilacap

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa (SDAJ) Agung Kuswandono, melaksanakan penanaman bibit mangrove. Selasa (20/2019).

Penanaman Mangrove jenis Rhizopora itu ditanam di Kawasan Konservasi Laguna Segara Anakan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

Acara ICoMIRE 2019 ini mengambil tema ‘Menghimpun Indonesian Mangrove Society dan menjadikan Indonesia sebagai World Mangrove Center’.

Acara ICoMIRE 2019 dibuka oleh Deputi Agung mewakili Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan yang berhalangan hadir karena harus mendampingi Presiden Joko Widodo.

Deputi Agung juga menyatakan dalam sambutannya. Bahwa Indonesia memiliki pesisir kedua terpanjang setelah Kanada, serta kekayaan biodiversitas mangrove paling tinggi di dunia. Ada Sebanyak 68 jenis mangrove, menjadikan Indonesia cocok sebagai World Mangrove Center (WMC).

“Jadi, Kita harus rehabilitasi mangrove, karena itu adalah tugas Kemenko Maritim dengan teman-teman dari seluruh K/L yang ada, termasuk dengan akademisi,” kata Deputi Agung.

Deputi Agung juga menegaskan akan mempercepat rehabilitasi mangrove di seluruh Indonesia, dan tidak hanya bersifat seremonial, tetapi 1,8 juta hektar mangrove yang hilang harus dikembalikan.

“Kita sudah mulai lakukan tahun ini (2019), kita prediksikan 5 tahun ke depan, asal semua bekerja bersama-sama,” tegas Deputi Agung.

Dia pun menjelaskan bahwa, habitat mangrove juga sebagai tempat pemijahan ( spawning ) dan pembesaran ( nurshery ) berbagai jenis ikan, kepiting, udang, dan lobster. Oleh karena itu, jika Mangrove-nya bisa tumbuh dengan baik, maka otomatis kesejahteraan nelayan akan meningkat.

“Untuk itu, Mangrove jangan dimanfaatkan untuk kepentingan yang salah,” jelas Deputi Agung.

Adapun, guna mendorong Indonesian Mangrove Society (IMS) dan World Mangrove Centre (WMC) perlu adanya peran aktif Universitas, Kementerian, Lembaga, LSM/NGO, Dinas Provinsi, Dinas KP, Dinas LHK (BP DAS) dan yang lebih utama adalah masyarakat pesisir.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait