Kasihan Para Petani di Cilacap, Musim Tandur pun Mundur

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Masa tanam padi di sebagian Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mundur akibat kemarau panjang. Kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto.

“Berdasarkan pantauan kami hingga saat ini baru sekitar 23 ribu hektare sawah yang telah selesai tanam. Jadi belum sampai separuh dari potensi luas tanam pada musim tanam I tahun 2019-2020 yang mencapai kisaran 50 ribu hektare.” Katanya di Cilacap, Jateng, Kamis (5).

Menurut dia, hal itu disebabkan karena area persawahan di sebagian besar lahan persawahan yang masuk Daerah Irigasi (DI) Bendungan Manganti. Yakni mulai dari Kecamatan Kawunganten ke arah barat belum terairi karena airnya belum maksimal.

Kendati demikian dia mengatakan, petani di sebagian wilayah DI Manganti sudah mulai menanam padi dengan segala kemampuan mereka. Salah satunya dengan menyedot air menggunakan pompa yang disediakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap.

“Padahal petani di daerah Majenang ke arah barat, biasanya tidak mengenal musim (tanam padinya terus-menerus, red.). Karena airnya selalu tersedia. Namun karena kemaraunya sangat panjang, sampai sembilan bulan, sumber airnya pun berkurang sehingga berat juga.” katanya.

Bahkan hingga saat ini, kata dia, hujan juga masih jarang turun di sebagian wilayah Cilacap. “Kemarin petani sudah semangat turun ke sawah karena sudah mulai hujan. Tapi tahu-tahu hujannya berhenti sehingga kering lagi.” katanya.

Selain di DI Manganti, kata dia, sebagian petani di wilayah timur Cilacap yang masuk DI Serayu. Seperti Kecamatan Adipala dan Nusawungu hingga saat ini belum mulai tanam karena air irigasinya belum sampai sampai ke daerah itu.

Ia mengatakan berdasarkan data, area persawahan di DI Serayu yang potensi tanamnya sekitar 17 ribu hektare, hingga bulan November baru sekitar 10 ribu hektare yang sudah selesai tanam padi.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait