Danlanal Cilacap Tutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam 2019

Danlanal cilacap secara resmi menutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam
Danlanal cilacap secara resmi menutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Cilacap.info – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S. Sos., secara resmi menutup Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun Anggaran 2019 di Mako Lanal Cilacap Jl. Niaga No.02 Tambakreja, Cilacap, Selasa (26/11).

Dalam latihan yang diikuti peraonel Lanal Cilacap, Basarnas, Badan Penaggulangan Bencan Daerah dan unsur Maritim Kabupaten Cilacpa ini, Danlanal Cacap menyampaiakan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap yang memiliki kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam penanggulangan bencana.

Sasarannya dari latihan ini lanjutnya, adalah seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan pemahaman tentang dasar-dasar manajemen bencana.

Menurut Danlanal Cilacap ini- selama mengikuti latihan, semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada materi latihan, semua hal tersebut tidaklah sia-sia karena Ia meyakini kalau peserta telah mendapat tambahan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam secara terpadu, terencana, dan berkesinambungan.

Dengan berkahirnya kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini, berarti peserta telah menuntaskan semua tahapan materi latihan secara keseluruhan, namun penilaian keberhasilan suatu latihan bukan diukur dari selesai dan tuntasnya kegitan latihan tersebut dilaksanakan, tetapi lebih pada pengaplikasiannya pada dikondisi yang nyata, dan sesuai dengan apa yang telah di ajarkan.

“Hal yang sangat mendasar adalah bagaiamana pelakasanaan latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan personel dalam merespon, berkoodinasi dan bersinergi dengan instansi terkait dalam menanggulangi setiap bencana alam,” ujar Danlanal Cilacap.

Danlanal Cilacap mengakui, adanya kekurangan dan kelemahan yang masih dijumpai dalam pelaksanaan latihan dan akan menjadi kajian untuk perbaiki pada latihan kedepan.

Ia berharap ada peningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman bencana yang terjadi dengan lebih cepat, tepat dan minimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan oleh bencana alam tersebut. (*)

 Penulis :    Redaksi Cilacap.info
 Editor   :    Bayu
Jumlah Artikel 399 Pos
Loading...