Danlanal Cilacap Berikan Materi Bela Negara pada Taruna Akmil

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll, Kolonel Laut (P) Adi Lumakasna, S. Sos. memberikan materi Bela Negara kepada Taruna Taruni Akademi Maritim Nusantara di Aula Lantai V Kampus AMN, Cilacap, Selasa (3/9/2019).

Danlanal Cilacap dalam kuliah umumnya memberikan gambaran tentang perlunya pemahaman Bela Negara kepada generasi muda dalam rangka penyiapan Pertahanan Semesta.

Materi ini diberikan dengan tujuan agar para Taruna Taruni memiliki dasar pengetahuan tentang Bela Negara.

Dihadapan ratusan Taruna Taruni AMN, Danlanal menyampaikan bahwa bela negara bukan berati harus berperang. Tapi apa manfaat yang bisa diberikan untuk masyarakat sekitar.

Bela Negara lanjutnya. Yaitu sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Terutama dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Menurutnya, kepemimpinan yang berwawasan Bela Negara adalah seni untuk membangkitkan kesadaran segenap elemen masyarakat, Bangsa dan Negara. Dan itu diwujudkan menjadi suatu sinergi yang kuat dan untuh. Hal itu guna melindungi negara dari segala macam ancaman gangguan hambatan tantangan, berdasarkan nilai nilai luhur Bangsa dalam rangka mewujudkan negara berdaulat adil dan makmur.

“Kepemimpinan adalah seni dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, agar mau melakukan suatu tindakan, perbuatan, kegiatan dalam rangka mencapai tujuan tertentu,” ungkap Danlanal seperti dilansir dari rilis TNI MIL.

Dikesempatan yang sama Direktur AMN Altril Rayendra, S. tr, mengungkapkan salah satu wujud Bela Negara khususnya bagi Taruna Taruni ialah apa yang bisa diberikan kepada AMN Cilacap.

“Saya atas nama AMN mengucapakan terima kasih kepada Danlanal Cilacap atas penyampaian materi Bela Negara dan selama AMN berdiri banyak dibantu oleh pihak Lanal Cilacap. Utamanya dalam pendidikan karakter melalui kegiata Latihan Dasar Kepemimpinan (LDDK) yang sampai saat ini masih berlangsung,” ujarnya.(*)

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait