BMKG Cilacap Keluarkan Surat Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 3 Hari Kedepan

Ilustrasi Gelombang Tinggi
Ilustrasi Perahu Kecil Terjang Ombak Laut

Cilacap.info – Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Cilacap memberikan surat peringatan Gelombang Tinggi. Sabtu (14/9/2019).

Dalam keteranganya, BMKG Cilacap memberikan peringatan Gelombang Tinggi dari sekarang hari Sabtu sampai dengan Selasa 14-17 September 2019 pukul 07.00 WIB.

Dimulai dari sekarang hingga 3 hari kedepan, nelayan dan masyarakat dihimbau untuk tidak melaut atau kontak dengan perairan selatan jawa.

Hal itu dikarenakan terdapat pusat tekanan rendah 998 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina. Selain itu, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara-Barat Daya bergerak dengan kecepatan 4-30 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-25 Knot.

Lebih lanjut, Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Banten, Laut Sulawesi, Laut Maluku, Laut Banda Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Halmahera, Perairan Sorong-Raja Ampat. Serta Perairan Sermata-Tanimbar, Perairan Kei-Aru, Perairan Merauke dan Laut Arafuru. Ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut

Sebab diperkirakan fenomena tersebut dapat mengakibatkan gelombang tinggi dari 4,0 hingga 6,0 meter.

Gelombang tinggi tersebut dapat berpeluang terjadi di Perairan Selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, Samudera Hindia selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta.

Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.: Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 303 Pos