oleh

Bangunan Panggung ini Penyelamat warga di Wanareja Cilacap

CILACAP.INFOMusim hujan tiba, teringat sebuah bangunan panggung di Sidamulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Bangunan yang memang sengaja dibuat sedimikian rupa adalah sebagai penyelemat warga setempat apabila banjir melanda kawasan tersebut.

Diketahui, Sidamulya Wanareja Cilacap adalah sebuah desa yang lokasinya persis berada di dekat aliran Sungai Citanduy.

Baca Juga :   Fakta Terkini Seputar Pembacokan Tukang Parkir Giant Cilacap

Dimana Sungai yang mengalir dari mulai Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Pangandaran Jawa Barat yang menjadi perbatasan dengan Cilacap Jawa Tengah itu menghantui warga di desa sidamulya.

Pasalnya jika musim penghujan tiba, debit air di sungai citanduy meski sungai tersebut cukup besar, namun dapat meluber. Karenanya desa sidamulya pernah mengalami kebanjiran pada tahun 2010 lalu.

Baca Juga :   Anggota Ormas Atau Preman, Tukang Becak di Bulan Ramadhan Dihajar

Bahkan dari kisah yang diceritakan oleh warga sekitar, saat banjir melanda di wilayah tersebut, Buaya yang disinyalir berasal dari sungai Citanduy ikut terbawa banjir dan keluar sungai.

Hal itu diamini banyak orang, karena banyak yang melihat penampakan hewan bermoncong panjang itu. Kendati demikian Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dikarenakan buaya tersebut.

Baca Juga :   Open Donasi bersama Yayasan AL-HIMMAH Patimuan - Cilacap untuk Kebaikan

Berawal dari banjir kala itu, maka sebuah rumah panggung dibuat sebagai penolong warga apabila banjir tiba, dan dabanya itu diberikan oleh pemerintah pusat.