oleh

Babinsa Kelurahan Sidanegara Koramil Cilacap Tengah Juga Ikut Padamkan Api di Paradiso Cafe

Cilacap.info – Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang merupakan bagian anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal kemasyarakatan tidak diragukan aksinya.

Setiap kali ada bencana, kegiatan sosialisasi, maupun dalam kemasyarakatan mereka selalu ikut membantu. Tak ayal jika julukan TNI bersama Rakyat pantas disematkan kepada para tentara tak terkecuali Babinsa.

Salah satu aksi nyata tersebut seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 01 Cilacap, Serka Eko Rihayat dan Serda Risam. Adapun peristiwa kebakaran tersebut menimpa Lounge & Karaoke Paradiso milik Dwi Harto (40) yang merupakan warga asal Tegal Jawa Tengah.

Kejadian kebakaran tersebut sontak saja membuat gempar warga setempat, tampak kepulan asap terlihat dari kejauhan. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan kepada aparat Polisi maupun Babinsa setempat. Mendengar laporan dari warga, Mendapat laporan adanya kebakaran di RT 03 RW 05 Jln. Gatot Subroto No.17 A Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, babinsa kemudian meluncur kelokasi, Selasa (25/2) pagi.

Diterangkan babinsa Serda Risam, bahwa menurut seorang saksi mata, Oca (33) yang sehari hari bekerja sebagai kasir ditempat itu menuturkan. Sekitar pukul 05.10 WIB dirinya mendapat laporan dari salah satu temanya yang kebetulan lewat didepan lokasi kejadian, melihat adanya kepulan asap dari dalam bangunan karaoke itu.

Setelah itu dia segera menghubungi salah satu pengelola, Devi (35) untuk segera melakukan evakuasi dengan membuka pintu samping dan mengamankan seluruh karyawan yang ada didalamnya.

“Saya sangat terkejut saat melihat kejadian ini, karena api cepat sekali membesar, dalam keadaan panik saya segera menghubungi manajer Agus untuk selanjutnya melapor kepada aparat terkait agar dilakukan tindakan pemadaman api.” Ucapnya.

Masih lanjut babinsa, dalam peristiwa tersebut, setidaknya ada 4 Tim Pemadam Kebakaran yang turun ke TKP diantaranya 3 unit Damkar dari Satpol PP Kabupaten Cilacap, 1 unit Damkar dari Pertamina, 1 unit Water Canon Polres Cilacap. Adapun anggota yang bertugas memadamkan api ada dari Basarnas Kabupaten Cilacap, Personel Kodim 0703/Cilacap, Personel Polres Cilacap dibantu Warga sekitar untuk memadamkan api yang begitu besar.

Babinsa Serda Risam yang turut dalam aksi pemadaman api bersama tim Damkar dan warga sudah berusaha sekuat tenaga untuk memadamkan api, setelah melalui proses yang dramatis pada akhirnya para karyawan dapat diselamatkan dan api dapat dipadamkan.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini. Tercatat sebanyak 14 Room Karaoke habis terbakar dengan kerugian ditaksir sekitar 1,2 Milyar. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini, untuk mengetahui penyebab kebakaran pihak Polres Cilacap telah menurunkan Tim INAFIS untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, hingga saat ini kita masih mengamankan lokasi sampai benar-benar dinyatakan aman.” Terangnya. (Urip Pendim / Hasan)