oleh

Apa Kabar Aksi Indosiar? Menilik Ulin Nuha Juara Aksi 2019 asal Cilacap

Cilacap.info – Apa kabar aksi Indosiar yang merupakan tayangan pencarian bakat Ustadz dan Ustadzah?. Acara di saluran televisi nasional yang diselenggarakan pada setiap tahunnya dan pada bulan ramadhan saja ini tidak berjalan. Hal ini dikarenakan situasi masih dalam keadaan darurat pandemi coronavirus.

Namun tersiar kabar, bahwa meski ditengah situasi yang demikian, Program AKSI tersebut tetap berjalan, namun di rumah aja.

Dengan para pesertanya yakni jebolan AKSI yang merupakan kependekan dari Akademi Sahur Indonesia di salura televisi indosiar.

Terkait hal tersebut, ada moment kisah tentang juara Aksi Indosiar pada Ramadhan 2019 lalu yakni Ulin Nuha.

Baca Juga :   Sekilas Wisata Kuliner dan Kecamatan di Cilacap

Ulin Nuha merupakan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling (BK) di UNUGHA (Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali) Cilacap Semsester II.

Ulin Nuha merupakan dalang muda yang kerap mentas di berbagai kecamatan di Cilacap bahkan ke hingga keluar daerah.

Ulin Nuha merupakan Putera Cilacap yang berasal dari Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap.

Dikala perubahan Zaman ke era modern dan lebih milenial, kesenian wayang kulit sudah tampak mulai pudar, namun hal ini tidak bagi pemuda satu ini.

Dia hadir sebagai Pemuda yang cinta akan kesenian dan melastarikannya melalui Media Wayang Kulit.

Baca Juga :   Nyi Blorong Putri Jelita dari Segara Kidul

“Saya ingin menghidupkan kembali khasanah budaya wayang kulit sebagai salah satu budaya adiluhung yang perlu dilestarikan, serta menjadikan wayang kulit sebagai media dakwah,” Kata Ulin Nuha yang kini sedang mengikuti Aksi di Indosiar.

Moment Ulin Nuha Ndalang Golek Terinspirasi Ki Enthus Susmono

AKSI 2019 di Indosiar memang telah usai dan seorang Dalang Muda dari Desa Karangrena Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap bernama Ulin Nuha berhasil menjadi Juara satu.

AKSI 2019 sebagai program yang memunculkan bibit-bibit Da’i Da’iyah itu terdapat sosok anak muda yang membawakan media dakwah dengan perwayangan.

Baca Juga :   Kisah Makam Kiai di Wanareja Cilacap Beralih Fungsi Jadi Tempat Pesugihan

Pada kesempatan itu, Dia (Ulin Nuha) ndalang dengan wayang golek yang biasa dibawakan Almarhum ki Enthus Susmono dengan tokoh andalannya Lupit dan Slenteng.

Diketahui, bahwasanya pemuda yang masih kuliah semester II (dua) prodi Bimbingan Konseling (BK) di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) itu adalah Dalang Wayang Kulit, namun karena dia terinspirasi Ki Enthus Susmono, maka pada kesempatan itu Ulin ndalang dengan media Wayang Golek.

“Saya pakai wayang golek karena apa?, saya satu terinspirasi oleh almarhum abah enthus susmono, bupati Tegal,” Kata Ulin pada acara itu.