Antara Gengsi dan Malu, Penyebab Korban Ponzi Tak Mau Lapor, Lagu Lama Sebelum ada Vtube

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Bukan maksud menguliti suatu Bisnis yang terindikasi skema ponzi, hanya sebatas menyampaikan sedikit fenomena yang sebenarnya terjadi dari yang sudah atau pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan jauh kebelakang sebelum Vtube muncul, mengambil istilah “Lagu lama kaset baru”.

Hidup sudah susah ditambah sekarang masih dalam situasi pandemi Covid-19, bolehlah hal ini bisa jadi alasan jitu.

Namun sudah sedari dulu manakala masuk dalam perangkap investasi yang menggunakan skema ponzi, para korbannya tak mau melaporkan diri.

Apalagi kelasnya yang inves hanya gope kebawah, malu dan gengsi apabila hal itu dibeberkan.

lebih baik belain mati-matian selama belum gulung tikar dan lalu menghilang.

Jangankan orang biasa, seorang pengusaha bernama Thierry Magon de la Villehuchet daripada mengakui kepada publik bahwa ia menjadi korban penipuan skema ponzi, ia lebih memilih bunuh diri.

Dugaan dan alasan dia bunuh diri disebabkan karena malu, frustasi dan juga bakal dikejar-kejar banyak orang agar uangnya dikembalikan.

Stress, Frustasi adalah kondisi yang pasti akan dialami manusia normal, suatu yang umum dan lumrah.

Manusia tanpa ikut Bisnis Money Game saja demikian Apalagi korban Money Game, seolah tak menerima kenyataan dan membelanya dengan mati-matian.

Berusaha meyakinkan orang dengan menghalalkan berbagai macam cara, membohongi orang, mengaku dapat penghasilan, sudah bukan fenomena baru di dunia bisnis semacam itu.

Giliran ditanya keluarga “kamu sudah dapat apa, katanya berpenghasilan ko ke warung masih saja hutang lagipula haram ko.” Suatu kenyataan yang memang sulit untuk diakui dengan jujur.

Sebabnya karena sudah kadung dan terlanjur terjun dan malu untuk mengakui, menghindar dan berkelit jalan satu-satunya untuk membenarkan dirinya.

Mengambil dari judul lagu dari bang Rhoma Irama “Buta Tuli”. Jelas-jelas dapat uang dengan cara jual poin ke member, namun masih saja mengelak jika telah jadi permain Bisnis Money Game.

Komentar