oleh

700 Bibit Pohon Cemara Laut Ditanam di Tegalkamulyan Cilacap Selatan

Cilacap.info – Dalam rangka memperingati HUT Pertamina yang ke 62, Pertamina RU IV Cilacap gagas penanaman 700 pohon Cemara Laut. Pertamina juga bekerjasama dengan Kodim 0703 Cilacap dan juga Komunitas Peduli Bumi Indonesia.

Adapun penanaman ini dilakukan di pesisir Pantai Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Sabtu (21/2019).

Atas kegiatan tersebut, Lurah Tegalkamulyan sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon cemara laut tersebut.

“Terima kasih kepada Komunitas Peduli Bumi Indonesia, Kodim 0703 Cilacap dan juga beberapa Instansi yang ikut hadir dalam kegiatan ini. Terimakasih juga kepada pertamina yang telah menggagas program penanaman pohon Cemara Laut.” Ucap Lurah Tegalkamulyan Maini.

Baca Juga :   Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Cilacap Laksanakan Bulan Trisila

Masih menurut Maini, bahwasanya Tegalkamulyan merupakan wilayah pantai dengan kondisi yang sudah terkikis air laut. “Tegalkamulyan kondisinya sudah sebagian di tanggul, yakni untuk mengurangi terkikisnya daratan dari air laut.” Tambahnya.

Sementara itu, Manager Produksi II Pertamina RU IV Cilacap menyampaikan imbauan. Bahwasanya kita harus peduli dengan kondisi wilayah Pantai seperti sekarang ini. Kepedulian itu dilakukan dengan aksi nyata seperti penanaman Cemara ini.

Baca Juga :   150 Siswa SDIT dan SMPIT Cilacap Ikuti Sholat Ghaib untuk BJ Habibie

“Sehingga dari penanaman sejak dini, nantinya pohon tersebut akan tumbuh dan berkembang. Selain itu akan menciptakan udara yang sejuk dan nyaman, serta membuat para wisatawan merasa senang.” Katanya.

Dalam penanaman bibit pohon tersebut, Babinsa Kelurahan Tegalkamulyan Serda Isminanto dari Koramil 01 Cilacap Selatan juga ikut melaksanakan kegiatan tersebut.

Babinsa juga mengatakan, siapa lagi kalo bukan kita yang peduli akan penghijauan ini. Ia pun sangat berterimakasih atas kegiatan penanaman pohon tersebut.

Baca Juga :   Project Langit Biru Cilacap Raih Penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama 2019

“Terimakasih kepada Pertamina RU IV Cilacap yang telah menggagas program penanaman pohon Cemara laut ini. Dari penghijauan ini, nantinya akan banyak manfaatnya, terutama untuk mencegah terjadinya bencana di wilayah pantai laut kamulyan. Selain itu juga agar dapat mengurangi mitigasi dan abrasi bibir pantai, yang sehingga mengurangi dampak bencana alam yang terjadi di tepi pantai.” Terangnya.