oleh

6 Ranjau Misterius di Perairan Menganti Cilacap Diledakkan TNI AL

CILACAP.INFO – TNI AL meledakkan 6 (enam) ranjau misterius di perairan menganti Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Ranjau tersebut diperkirakan sudah ada sejak masa perang dunia ke II.

Sebelum peledakan, TNI AL melakukan penyisiran di sekitar pantai menganti menggunakan kapal milik TNI AL.

Hal itu bermula dari permintaan pihak Operator dari PLTU Karangkandarii, dalam hal ini PT. S2P.

Baca Juga :   Polres Cilacap Giat Program Desa dan Generasi Bersinar Terang

Dalam penyisirannya, petugas berhasil mendeteksi 6 ranjau aktif dengan peralatan khusus di perairan manganti pada kedalaman 4 – 10 meter.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap, Lantamal V, Kolenel Laut (P) Adi Lumaksana menjelaskan. Bahwa ranjau yang dinetralisir dan diledakkan itu yakni di perairan dangkal. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat, para nelayan untuk tetap tenang

Baca Juga :   Viral! Di Cilacap Ada Menara Eifel dari Bambu

“Kami telah menetralisir ranjau yang berada di perairan dangkal pada kedalaman 4 – 10 meter. Jadi Masyarakat dan para nelayan tidak perlu takut dan panik lagi.” Kata Danlanal pada Sabtu 24 November 2019 kemarin.

Ia melanjutkan, sebetulnya ranjau-ranjau di perairan Indonesia, Khususnya perairan Cilacap masih banyak terdapat ranjau peninggalan perang dunia.

Baca Juga :   Korban Kecelakaan Masuk Jurang di Pekalongan asal Banjarnegara

Maka dari itu, pihaknya juga mengimbau kepada pihak-pihak terkait, apabila melakukan pelaksanaan seperti pemasangan pipa bawah laut, pengerukan, serta pemasangan kabel agar melapor pada TNI AL.